Senin, 2 Agustus 2010 21:58 WIB Solo Share :

Usulan gelar pahlawan PB X didukung Pemkot

Solo (Espos)–Pengajuan usulan gelar pahlawan nasional perintis kemerdekaan kepada Paku Buwono (PB) X ke pemerintah pusat, memperoleh dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Namun Pemkot meminta panitia segera mengumpulkan temuan-temuan yang berkaitan dengan sejarah perjuangan PB X dalam merintis kemerdekaan guna memperkuat perolehan gelar itu. Wakil Ketua Panitia Pengusul Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional PB X, Gunawan Sumodiningrat mengemukakan perjuangan untuk mengumpulkan bukti-bukti kepahlawanan PB X telah dilakukan selama lebih dari 20 tahun terakhir ini.

“Perjuangan merintis kemerdekaan yang dilakukan Paku Buwono X memang tidak berupa perjuangan fisik, melainkan dengan metode lainnya, yakni dengan meningkatkan intelektual masyarakat, spiritual dan perekonomian masyarakat,” ungkap Gunawan ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Senin (2/8).

Terpisah, Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam waktu dekat surat usulan penganugerahan gelar pahlawan itu akan segera dikirim ke Gubernur Jateng. Diakui Jokowi, usaha yang sama telah dilakukan pada tahun lalu. “Namun saat itu Paku Buwono X hanya mendapatkan penghargaan Bintang Maha Putera Pradana,” tandasnya. Meski demikian, Jokowi mengaku optimistis jika gelar pahlawan tersebut dapat diperoleh pada tahun ini.

sry

Distributor Simas & Bimoli, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dirawat dan Merawat Cendekiawan Soedjatmoko

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (19/8/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Rabu, 15 Agustus 2017, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada delapan…