Senin, 2 Agustus 2010 12:39 WIB Karanganyar Share :

Raskin periode Agustus disalurkan

Karanganyar (Espos)–Gudang Bulog 306 Mojolaban menyalurkan beras untuk keluarga miskin (Raskin) di wilayah Kabupaten Karanganyar periode Agustus 2010, mulai Senin (2/8). Jumlah raskin yang disalurkan secara keseluruhan sebanyak 905.235 kilogram (kg).

Kepala Gudang Bulog 306 Mojolaban, Sugiyanto, kepada wartawan menyebutkan Raskin yang disalurkan semua telah diperiksa kualitas dan kelayakannya. Hal tersebut guna memastikan agar beras yang disalurkan betul-betul sesuai standar dan layak untuk dikonsumsi rumah tangga sasaran (RTS) penerima.

“Jumlah semuanya untuk Kabupaten Karanganyar sebanyak 905.235 Kg dan akan disalurkan mulai Senin (2/8) ini, sampai hari Sabtu (7/8). Kami telah mengecek mutunya bersama pihak Pemda sebelum disalurkan,” ungkapnya di sela-sela mendampingi pemeriksaan Raskin oleh tim Pemkab Karanganyar.

Sugiyanto menegaskan, meski telah diperiksa ulang, Bulog 306 Mojolaban siap melakukan penggantian jika kemudian masih ditemukan Raskin dengan kualitas tidak sesuai standar dan tidak layak dikonsumsi. Dia juga menjanjikan guna penggantian tersebut warga tidak akan dibebani dengan biaya transportasi.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian, Ambang Wibowo, dalam penjelasannya menyatakan jumlah RTS di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar sebanyak 60.349. Pada Saat penyaluran masing-masing rumah tangga tersebut akan menerima sejumlah 15 Kg. Terkait pendistribusian Raskin itu pula, setiap desa/kelurahan dan kecamatan menerjunkan satuan tugas (Satgas) guna pemantauan kualitasnya.

Selain Ambang, pemeriksaan Raskin periode penyaluran Agustus juga melibatkan Camat Tawangmangu, Yopi Eko Jatiwibowo, Camat Tasikmadu, Kurniadi Maulato, serta beberapa camat lain. Pada bagian lain, Kasubag Kesejahteraan Rakyat Bagian Perekonomian, Warto, menyatakan sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah RTS tahun 2010 berkurang 35 RTS dibandingkan tahun 2009 lalu.

try

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Lebaran dan Wartawan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (23/6/2017). Esai ini karya Heri Priyatmoko, dosen Ilmu Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Lebaran tinggal menghitung jam. Semua sibuk menyambut. Tak terkecuali barisan juru…