Soloraya
Senin, 2 Agustus 2010 - 18:55 WIB

Peserta seleksi Duta Wisata Wonogiri meningkat

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Peserta pemilihan Duta Wisata Wonogiri tahun 2010 diklaim mengalami peningkatan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Tidak kurang dari 60 orang mendaftar dan 45 orang di antaranya lolos seleksi administrasi.

Para peserta yang lolos seleksi administrasi tersebut, Senin (2/8), mengikuti seleksi tertulis dan wawancara di Kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri. Tes tertulis pengetahuan umum dan bahasa Inggris dilaksanakan pada pagi hari dilanjutkan dengan wawancara siang harinya.

Advertisement

Sekretaris Disbudparpora Wonogiri, Sentot Sujarwoko, selaku salah satu panitia penyelenggara, ditemui di sela-sela wawancara mengungkapkan, dari sisi kuantitas, peserta seleksi Duta Wisata tahun ini ada sedikit peningkatan. “Tahun lalu, saya tidak ingat jumlah pendaftarnya tapi yang jelas lebih sedikit dibanding tahun ini. Demikian pula yang lolos seleksi administrasi, tahun lalu tidak sampai 40 orang, putera dan puteri,” jelasnya.

Sentot menjelaskan, para pendaftar yang tidak lolos seleksi sebagai peserta kebanyakan bukan disebabkan karena kurangnya kemampuan atau kualitas pribadi. Melainkan lebih karena kekurangan hal-hal teknis seperti tinggi badan atau umur.

Untuk seleksi Duta Wisata, tinggi badan peserta dibatasi minimal 170 cm untuk peserta putera dan 160 cm untuk peserta puteri. Sedangkan umurnya dibatasi antara 17-25 tahun.

Advertisement

Dari 45 peserta tersebut, akan dipilih 10 peserta putera dan 10 peserta puteri. Selanjutnya, mereka akan mengikuti pembekalan dan karantina pada 1-3 Oktober. Grand final direncanakan digelar pada bulan yang sama di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

shs

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif