Senin, 2 Agustus 2010 14:41 WIB News Share :

Kemenkum dan HAM Jatim segera bangun Lapas terbuka

Surabaya–Kementerian Hukum dan HAM berencana membangun lembaga permasyarakatan (Lapas) terbuka. Ini untuk mengantisipasi kaburnya napi di rumah tahanan (Rutan) dan Lapas.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemeterian Hukum dan HAM Jatim, Djoko Hikmahadi. Djoko mengungkapkan, Lapas terbuka tersebut rencanaya akan dibangun di Kabupaten Malang.

“Pembangunan Lapas tersebut dipastikan akan segera dilaksanakan di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Alasannya, wilayah tersebut sangat mendukung untuk dibangun Lapas terbuka,” ujar Djoko, Senin (2/8).

Djoko menjelaskan, perbedaan Lapas terbuka dengan Lapas pada umumnya, yakni Lapas terbuka yang akan dibangun tidak akan bertembok seperti ciri utama Lapas selama ini serta adanya penjagaan khusus serta didesain mirip dengan asrama terbuka.

“Sejauh ini, Lapas terbuka baru ada di luar Jawa dan belum ada kasus napi yang kabur. Karena napi yang akan ditempatkan disana merupakan napi yang sudah diseleksi terlebih dahulu serta menjalani setengah masa pidananya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Djoko, Lapas terbuka yang akan dibangun akan tertutup bagi terpidana teroris, koruptor dan narkoba. “Napi yang di sana merupakan napi binaan yang mempunyai ketrampilan di bidang pertanian dan peternakan,” pungkasnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…