News
Senin, 2 Agustus 2010 - 15:59 WIB

Jelang HUT RI, gempita di Kampung Merdeka Praha

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Praha-– Anak-anak bergembira mengikuti lomba mewarnai gambar wayang dan berbagai permainan. Para sesepuh masyarakat antara lain Bismo Gondokusumo, Siswartono, Suyono, dan Dahlan merasa haru dan bahagia.

Menjelang HUT Ke-65 RI, suasana KBRI Praha tampak berbeda dari biasanya. Mulai dari pintu gerbang, warna merah putih mendominasi halaman bangunan kuno di puncak bukit Smichov, Praha. KBRI Praha telah disulap menjadi ajang Gempita Kampung Merdeka.

Advertisement

Acara ini dimeriahkan oleh masyarakat dan sahabat Indonesia di Praha, dari anak-anak balita hingga sesepuh yang telah puluhan tahun tinggal di Praha.

“Mereka turut berbahagia menyambut HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan dengan kemeriahan seperti tradisi di kampung-kampung di tanah air,” ujar Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Azis Nurwahyudi kepada detikcom, Senin (2/8).

Gempita Kampung Merdeka berlangsung selama dua hari (31/7 – 1/8) dimulai dengan pertandingan bulu tangkis, lomba karaoke KBRI Praha Idol 2010, tenis meja dan tarik tambang. Untuk anak-anak ada lomba mewarnai gambar wayang dan binatang khas Indonesia, memasukkan pensil ke dalam botol, berebut kursi dengan musik, dan membawa bola.

Advertisement

“Kegiatan ini tidak saja diikuti oleh WNI yang tinggal di Ceko, tetapi juga oleh masyarakat Ceko yang menjadi sahabat Indonesia,” papar Azis dalam pidato pembukaan.

Dalam setiap kegiatan selalu diikuti oleh warga Ceko keturunan Indonesia dan mereka yang mencintai Indonesia. Beberapa mahasiswa Ceko yang sedang belajar keindonesiaan juga ikut memeriahkan Gempita Kampung Merdeka. Bahkan sejumlah warga di sekitar kantor KBRI juga hadir dan menyatu bersama masyarakat Indonesia.

Para sesepuh warga Indonesia antara lain Bismo Gondokusumo, Siswartono, Suyono, dan Dahlan yang sudah puluhan tahun tinggal di Praha juga menyambut dengan antusias kegiatan Gempita Kampung Merdeka tahun ini.

Advertisement

Bismo mengaku merasa bahagia setelah menyaksikan generasi kedua dari warga Indonesia yang tinggal di Ceko ikut berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT RI ini. Tampak kebahagiaan Suyono yang meskipun sudah berusia senja masih semangat mengabadikan kegiatan melalui kameranya.

Bintang Jasa Pratama

Menurut KUAI, pada puncak acara tanggal 17/8/2010 selain akan diselenggarakan upacara pengibaran bendera, juga penyematan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI kepada Prof  Zorica Dubovska, 84.

Prof Dubovska adalah wanita warga negara Ceko yang telah lebih dari 50 tahun berjasa mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia di Ceko.

Selain itu juga akan diselenggarakan pementasan rombongan budaya Jawa Barat pimpinan Dr Tetet Cahyati dengan menampilkan tari tradisional, wayang golek, pameran foto dan batik, serta pemutaran film dokumenter Jawa Barat.

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Hut Ri Praha
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif