Senin, 2 Agustus 2010 15:07 WIB Ekonomi Share :

Inflasi 2010 bisa dekati enam persen

Jakarta–Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan memperkirakan inflasi 2010 akan mendekati enam persen karena inflasi Juli mencapai level tertinggi sepanjang tahun ini.

“Inflasi kita antara 5,3 persen sampai enam persen lah. Mediumnya 5,5 persen,” katanya di Jakarta, Senin (2/8).

Rusman menjelaskan inflasi Januari-Juli telah mencapai 4,02 persen, sedangkan target yang dipatok pemerintah sebesar 5,3 persen. “Memang ada ruang sebesar 1,3 persen untuk mencapai target 5,3 persen akhir tahun ini. Itu artinya selama lima bulan ke depan rata-rata harus 0,2 persen. Rasanya bulan Agustus tidak akan bisa 0,2 persen,” tuturnya.

Pada Agustus itu, lanjut Rusman, dampak langsung dari kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sudah mulai dirasakan masyarakat. Selain itu, Agustus-September adalah bulan puasa yang biasanya konsumsi masyarakat tinggi, terutama menjelang hari raya.

“Dampak tidak langsungnya sudah terasa saat ini. Jadi, nanti sudah tidak kaget lagi,” tuturnya.

Menurut Rusman, untuk menahan kenaikan inflasi sesuai target awal 5,3 persen diperlukan upaya yang sangat keras dari pemerintah dalam menekan kenaikan harga bahan pokok.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…