Senin, 2 Agustus 2010 10:09 WIB Wonogiri Share :

Dana Rp 500 juta, untuk Kunker DPRD ke Jakarta

Wonogiri (Espos)–Seluruh anggota DPRD Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 50 orang dan sekitar 30 orang dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di Pemkab, pada Senin-Selasa (2-3/8), mengikuti kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah lokasi di Jakarta, Bogor dan Tangerang. Kegiatan itu dianggarkan senilai Rp 500 juta.

Para peserta Kunker tersebut berangkat dari Wonogiri, Minggu (1/8) siang dan saat Espos menghubungi salah satu anggota Dewan, Abdullah Rabbani, pada Minggu malam pukul 18.30 WIB, rombongan tersebut telah sampai di Jakarta. Selanjutnya, setiap komisi bersama SKPD terkait akan menyebar ke sejumlah tempat yang telah dijadwalkan.

“Ya ini kami semua sudah ada di Jakarta. Kami berangkat Minggu siang. Lalu, Senin (2/8) kami akan mulai kegiatan sesuai jadwal,” kata Rabbani.

Informasi yang diperoleh Espos dari Plt Sekretaris DPRD (Sekwan) Wonogiri, Annajib Thohari, berdasarkan jadwal, untuk Komisi A, pada hari pertama akan mengunjungi Kepulauan Seribu di Jakarta Utara. Di sana mereka akan mempelajari tentang pemerintahan umum dan desa. Lalu pada hari kedua, Komisi A akan mengunjungi Bogor untuk mempelajari tentang pertanahan, pengelolaan tanah kas desa dan sebagainya.

Selanjutnya, untuk Komisi B, pada hari pertama akan berada di PD Pasar Jaya di Jl Pramuka, Jakarta untuk mempelajari tentang pendapatan. Sedangkan pada hari kedua, komisi yang membidangi perekonomian, pertanian dan keuangan ini akan ke Bogor, tepatnya ke Laboratorium SEAMEO Biotrop kaitannya dengan pemberantasan hama tanaman pertanian.

Komisi C, pada hari pertama juga akan mengunjungi Kepulauan Seribu untuk belajar soal prasarana jalan. Lalu pada hari kedua, ke CV Mitran Alshintani Persada mempelajari tentang alat-alat pertanian, pupuk dan segala hal tentang pertanian.

Terakhir Komisi D, pada hari pertama akan ke Kantor Walikota dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jakarta Timur untuk belajar soal pengelolaan tenaga kerja. Selanjutnya pada hari kedua, komisi ini akan mengunjungi PT Kayaba Indonesia, Siba Utama Transport dan PT Astra Daihatsu Motor.

“Dari informasi yang ada, di perusahaan-perusahaan itu banyak tenaga kerja yang berasal dari Wonogiri,” kata Najib.

Tak hanya itu, Najib melanjutkan, Komisi D juga direncanakan mengunjungi Dinas Pendidikan Kota Tangerang, SMAN 1 Tangerang dan SMPN 1 Tangerang yang telah berhasil mewujudkan cita-cita sekolah berstandar internasional (SBI).

“Sebelum mulai Kunker, para anggota dan pimpinan DPRD telah mengadakan rapat untuk menyepakati bahwa hasil Kunker ini harus ditindaklanjuti dengan program kerja pada masa-masa mendatang. Sehingga hasil Kunker ini juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Najib.

shs

Bagian Sirkulasi SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Kota Penyair Perlawanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (16/8/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 1982,…