Senin, 2 Agustus 2010 18:26 WIB Wonogiri Share :

“Tempat tinggal Calhaj sudah klir”

Wonogiri (Espos)–Sebanyak 315 calon haji (Calhaj) Wonogri tahun ini mengikuti bimbingan haji di Wisma Depag, Wonogiri, Senin (2/8) hingga Kamis (5/8). Administrasi tempat tinggal atau KTP dari para Calhaj sudah klir sehingga mereka bisa berangkat. Sedangkan bagi warga yang mendaftar tahun ini, akan menjadi daftar tunggu pada pemberangkatan Calhaj 2014.

Hal ini dikarenakan kuota Calhaj hingga 2013 untuk Wonogiri sudah penuh. Pernyataan itu disampaikan pejabat Humas Depag Wonogiri, H Mursyidi saat ditemui Espos seusai mengikuti pembukaan bimbingan haji bagi Calhaj Wonogiri di Wisma Depag, Wonogiri.

“Kantor Depag tahunya persyaratan administrasi Calhaj sudah jadi. Soal apakah Calhaj itu pindahan dari daerah luar Wonogiri, itu urusan Calhaj dan Dispenduk dan Capil Wonogiri. Sebab setiap warga negara berhak mau tinggal dimana,” ujar Mursyidi.

Dikatakan oleh Mursyidi, jumlah Calhaj tahun ini naik dibanding tahun lalu sebanyak 287 orang. “Untuk daftar tunggu Calhaj hingga 2013 mencapai 1.000-an Calhaj. Jadi kalau tahun ini mendaftar akan dimasukkan pada 2014. seperti 2011, Calhaj yang akan berangkat dari Wonogiri sekitar 350 orang, 2012 sebanyak 350 orang dan 2013 sebanyak 320-an orang.”

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Wonogiri, Margono yang membuka kegiatan itu mengatakan banyaknya daftar tunggu Calhaj menunjukkan kalau kesadaran masyarakat akan ibadsah haji cukup tinggi.

“Kami berharap, bimbingan manasik haji ini dapat dipahami semudah mungkin oleh semua Calhaj, karena semua Calhaj tidak semua mempunyai mempunyai kemampuan yang sama.”

tus

lowongan pekerjaan
CV. HORISON, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…