Minggu, 1 Agustus 2010 12:53 WIB Kesehatan Share :

Sering ngilu di persendian, lakukan senam rematik

Malang–Rasa ngilu di persedian atau biasa disebut rematik bukan menjadi hal aneh lagi. Bila Anda mengalami nyeri di persendian bisa disembuhkan melalui terapi senam rematik. Senam rematik ini dikenal untuk meringankan pasien tanpa menggunakan obat atau farmakologi.

Menurut pencipta senam rematik FKUI, dr Siti Annisa Nuhonni SpRM bahwa senam ini mempunyai empat tahapan yang bisa dilakukan secara teratur oleh pasien. Yakni diawali dengan pemanasan, tahap kedua peregangan otot, atau mirip dengan aerobik ringan.

Untuk tahap kedua, senam dilakukan dengan memegang bola dengan kedua tangan serta menggerakkan anggota badan secara perlahan. Senam kemudian ditutup dengan pendinginan. Alasan menggunakan bola pada senam ini, lanjut spesialis rehabilitasi medik, karena saat kedua tangan memegang bola, semua sensorik otot tertumpu. Posisi itu dapat dimanfaatkan untuk otot persendian.

“Coba lakukan jika Anda memegang bola dengan kedua tangan, kemudian anda gerakan ke depan dan ke atas, akan terasa otot-otot pada tubuh tertarik,” kata Annisa usai memandu senam rematik di Ballroom Hotel Kartika Malang di sela-sela acara bertema 10 Tahun Aksi Atasi Rematik, Minggu (1/8).

Dia menambahkan, senam yang diciptakan dengan rekannya, dr Angel ini hanya dikhususkan bagi orang remaja hingga dewasa tua. Diharapkan melalui terapi non farmakologi ini dapat menyembuhkan penyakit rematik pasien. “Senam bisa dilakukan 5 hari selama sepekan, jangan setiap hari,” tegasnya.

dtc/ tiw

lowongan kerja
lowongan kerja PT. MENSA BINASUKSES, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Banner Toko

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…