Minggu, 1 Agustus 2010 23:44 WIB Sukoharjo Share :

Sekolah tak dapat murid kembali bertambah

Sukoharjo (Espos)–Sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Sukoharjo yang gagal mendapat murid di tahun ajaran baru 2010/2011 kembali bertambah. Kali ini, dialami SDN Tanjung 03 Nguter.

Kepala Sekolah SDN 03 Tanjung, Saimin HS mengakui di tahun ajaran baru ini, sekolahnya gagal mendapatkan murid. “Ya tahun ini, kelas satu kosong sebab tidak tidak ada murid yang mendaftar,” terangnya kepada Espos, Minggu (1/8) di Nguter.

Dia mengatakan, selama ini sekolahnya kekurangan siswa. Hingga saat ini, jumlah siswa yang tercatat di sekolahnya hanya 23 siswa dengan rincian kelas II berjumlah empat siswa, kelas III kosong, kelas IV hanya lima siswa dan kelas V dan VI masing-masing tujuh siswa. Dia menambahkan, kegagalan sekolahnya mendapatkan murid terjadi lantaran jarak antar SD begitu dekat. Selain itu, juga karena banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya di SD swasta.

Kegagalan mendapat siswa di tahun ajaran baru 2010/2011 juga dialami SDN Karangmojo IV, Kecamatan Weru. Namun untungnya, sekolah tersebut masih bisa memperoleh murid meskipun hanya satu siswa.

“Dari laporan yang saya terima SDN Karangmojo IV hanya dapat satu murid, sudah saya laporkan ke Dinas Pendidikan. Jadi, tinggal nunggu tindak lanjutnya, sekolah-sekolah juga sebenarnya sudah kami beri motivasi tapi ya hasilnya seperti itu,” ujar Kepala UPTD Weru, Martopo.

ufi

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Memaknai Imlek, Memulihkan Bumi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (15/2/2018). Esai ini karya Hendra Kurniawan, dosen Pendidikan Sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penulis menekuni kajian sejarah Tionghoa. Alamat e-mail penulis adalah hendrayang7@tgmail.com. Solopos.com, SOLO–Syahdan ketika Dinasti Qing runtuh dan mengakhiri sejarah…