Minggu, 1 Agustus 2010 18:29 WIB Internasional Share :

Presiden Aquino minta bantuan rakyat Filipina perangi korupsi

Manila--Presiden Benigno Aquino III  meminta rakyat Filipina , Ahad membantu dia memerangi korupsi yang melanda pemerintah-pemerintah sebelumnya dan menjadi satu hambatan besar untuk membangun ekonomi negara Asia Tenggara mereka yang miskin itu.

Aquino mengemukakan itu pada ulang tahun pertama meninggalnya  ibunya, mantan presiden Corazon Aquino, yang dianggap sebagai ikon demokrasi.

“Kita hanya dapat mengakhiri kemiskinan jika kita membrantas korupsi, dan setiap orang memiliki peran penting untuk melakukannya. Itu dapat dilakukan dalam cara-cara yang mudah, dengan menghormati orang-orang baru, membayar pajak, mengikuti peraturan lalu lintas dan menghentikan pemborosan yang tidak pada tempatnya.,” kata Aquino dalam satu misa khusus yang dihadiri  keluarganya, para anggota kabinet dan ratusan pendukung, banyak yang mengenakan baju kuning, warna yang jadi simbol ibunya.

“Kita bahkan dapat melakukannya dengan melaporkan setiap perbuatan salah yang mungkin menarik perhatian kita. Marilah kita manantang diri kita sendiri dan para pemimpin kita untuk berani ke jalan lurus,” katanya.

Aquino adalah anggota Kongres dan seorang senator ketika ibunya, yang menjadi presiden tahun 1986 sampai 1992, meninggal akibat kanker usus besar setahun lalu. Kematian ibunya itu memicu satu penumpahan emosi yang membantu kemenangannya dalam pemilihan presiden Mei lalu.

Aquino yang mulai memangku jabatannya 30 Juni berjanji akan mengatasi defisit anggaran belanja  besar, korupsi yang mewabah, kemisikinan yang luas dan pemberontakan yang lama oleh kelompok komunis dan muslim.

Setelah dua pemerintah dituduh terlibat korupsi dan salah urus, ia juga menghadapi beban berat bagi harapan masyarakat yang disampaikan kepadanya, yang dapat meambah beban bagi reformasinya yang akan memerlukan waktu untuk bisa menuaikan hasil.

Dalam pidato kenegaraan pertamanya akhir Juli, ia mengatakan pemerintah akan menciptakan satu lingkungan bisnis yang bersahabat bagi investor untuk menarik dana yang diperlukan bagi pembangunan prasarana.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…