News
Sabtu, 31 Juli 2010 - 21:15 WIB

Mandala Airlines dan Indonesia Air Asia turunkan kelas layanan

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Mandala Airlines dan Indonesia Air Asia menurunkan kelas pelayanan. Kedua maskapai itu yang tadinya bermain di medium service menjadi no frill service atau low cost carrier (LCC).

“Mandala dari medium service menjadi no frill service,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bhakti di Lokakarya Media Massa Kemenhub di Hotel Horison, Jl Pelajar Pejuang, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (31/7).

Advertisement

Selain Mandala, Indonesia Air Asia juga mengambil langkah serupa. Kedua maskapai itu resmi bermain di layanan LCC pada awal Juli 2010.

Dengan demikian, selain Mandala dan Indonesia Air Asia ada Lion Air, Wings Air, Travira Air di kelas layanan LCC. Dan hanya Garuda Indonesia yang melayani penerbangan full service, sisanya berada pada pelayanan medium.

Sementara Kasubdit Angkutan Udara Berjadwal Ditjen Hubud Kemenhub Hemi Pamuraharjo mengatakan kebijakan maskapai ini didasari alasan kinerja perusahaan.

Advertisement

Full service merupakan layanan penerbangan penuh, meliputi bagasi maksimal 20 kg, makanan, minuman, hiburan, dan koran. Memiliki kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi dengan jarak tempat duduk lebih dari 31 inchi.

Sedangkan pelayanan medium, meliputi bagasi maksimal 20 kg, tersedia makanan dan minuman namun tidak ada hiburan dan koran. Memiliki kelas ekonomi dan jarak tempat duduk kurang dari 31 inchi.

Sedangkan no frill atau LCC tidak ada layanan seperti yang diberikan dua kelas layanan di atas.

dtc/nad

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif