Jumat, 30 Juli 2010 15:45 WIB Ekonomi Share :

Masyarakat diimbau tukar uang langsung ke bank

Solo (Espos)--Bank Indonesia (BI) Solo mengimbau kepada masyarakat luas untuk menukarkan uang pecahan kecil langsung di BI, Bank Umum atau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

Kepala BI Solo, Dewi Setyowati kepada wartawan, Jumat (30/7), menyampaikan pihaknya akan mengupayakan agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan penukaran uang tanpa melalui calo.

“Bila dipandang perlu, maka BI akan melakukan kas mobil atau kas keliling di sekitar calo berlokasi,” tutur Dewi.

Dewi menuturkan, Solo bakal mengantisipasi melonjaknya pelaku calo penukaran uang yang diprediksi bakal bermunculan seiring peningkatan tren penukaran uang pecahan kecil oleh masyarakat selama bulan puasa dan menjelang Lebaran.

Seperti diketahui, para calo ini biasa menawarkan penukaran uang kepada masyarakat dengan nilai yang lebih besar.

Selain itu, lanjut Dewi, langkah-langkah penambahan waktu penukaran uang serta pendistribusian uang dalam jumlah yang cukup kepada perbankan juga akan dilakukan.

Yaitu, dengan tujuan membantu masyarakat untuk tidak membeli uang di calo dengan harga yang lebih tinggi.

haw

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…