Jumat, 30 Juli 2010 09:41 WIB Internasional Share :

Kapal ferry terbalik di Kongo, 140 penumpang tewas

Kinshasa–Kecelakaan transportasi air terjadi di sungai Kasai, Konggo. Sebuah kapal ferry bermuatan penuh penumpang terbalik. 140 orang tewas tenggelam.

Sungai Kasai terletak di Provinsi Bandundu. Pejabat setempat mengkonfirmasi tentang adanya musibah tersebut berikut jumlah korban.

Namun, Menteri Komunikasi Kongo Lambert Mende mengatakan, sementara laporan yang diterimanya menyebut 80 penumpang tewas. Korban kemungkinan bertambah karena evakuasi terus berlangsung.

“Ada beberapa penumpang gelap di kapal itu. Mereka terjatuh ke dalam air dan tim penyelamat masih berusaha menemukan korban,” kata dia seperti dikutip AFP, Jumat (30/7).

Sesuai dengan manifes, kapal itu membawa sekitar 180 penumpang. Namun, pendudu Kongo terbiasa bepergian secara sembunyi-sembunyi.

Transportasi sungai banyak digunakan di Kongo. Negara bebentuk republik ini dilintasi sungai sepanjang 4.700 kilometer (2.915 mil). Sungai tersebut membelah tujuh dari 11 provinsi.

Ramainya jalur transportasi air membuat korban terbesar akibat kecelakaan terjadi di sungai. Pada bulan November 2009 lalu, setidaknya 73 orang tewas ketika dua kapal tongkang tenggelam di Mai-Ndombe, Bandundu. Sebulan sebelumnya, lebih dari 250 orang tewas dalam tiga kecelakaan kapal.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…