Kamis, 29 Juli 2010 14:23 WIB Sragen Share :

Produksi turun, harga ikan di pasaran masih stabil

Sragen (Espos)–Produksi ikan para petani ikan di Dukuh Ngasinan, Desa Ngargotirto, Sumberlawang susut hingga 30%, karena perubahan musim. Walau turun, harga ikan di pasaran masih stabil, antara Rp 13.600/kg-Rp 16.000/kg.

Suhu udara yang berubah secara drastis membuat nafsu makan ikan anjlok, sehingga beberapa ikan mati.

Salah satu petani ikan, yang juga Ketua Koperasi Nila Sari, Suladi menuturkan penurunan produksi ikan itu baru terasa dalam beberapa pekan terakhir, setelah terjadinya perubahan musim.

Jika biasanya seluruh petani ikan bisa menghasilkan hingga 7 ton ikan per hari, maka perolehan itu susut hingga 30% pada saat ini.

“Produksi nila merah pada musim seperti ini turun 30%. Penyebabnya murni kondisi alam dan kami tidak bisa berbuat banyak. Walau turun, tapi harga ikan di pasaran masih stabil, antara Rp 13.600/kg sampai Rp 16.000/kg, sesuai kualitas,” jelas Suladi, kepada Espos, Kamis (29/7).

tsa

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…