Rabu, 28 Juli 2010 18:07 WIB Solo Share :

Gubernur soroti tata ruang dan program KB

Solo (Espos)–Persoalan tata ruang daerah dan program keluarga berencana menjadi dua hal yang dinilai penting bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam melaksanakan program pembangunan di daerahnya.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo saat memberikan sambutan seusai melantik pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan FX Hadi Rudyatmo sebagai Walikota dan Wakil Walikota Solo periode 2010-2015 di Pendapi Gedhe Balaikota Solo, Rabu (28/7).

Dalam hal tata ruang, Gubernur mengingatkan, agar Walikota dan Wakilnya senantiasa mematuhi peraturan daerah (Perda) tata ruang yang telah diberlakukan. ”Untuk kawasan yang dalam tata ruang kota memang sudah ditetapkan sebagai lahan pertanian, jangan sampai diubah menjadi kawasan pemukiman atau industri. Demikian juga kawasan-kawasan yang sudah ditetapkan sebagai kawasan hijau,” papar Gubernur.

Sedangkan dalam masalah program KB, Gubernur meminta agar pelaksanaan program KB mendapat perhatian secara khusus. Sebab menurut dia, pembangunan yang dilaksanakan selama ini tidak akan ada artinya apabila pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan. “Dengan tingkat pertumbuhan penduduk di Jateng yang mencapai 1 persen per tahun, artinya, setiap tahunnya ada penambahan penduduk sejumlah dua juta jiwa,” jelasnya.

Apabila pertumbuhan penduduk ini tidak dikendalikan, menurutnya, maka angka pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan tidak akan ada artinya. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi yang dicapai, akan tergerus oleh pertambahan penduduk.

sry

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…