Rabu, 28 Juli 2010 - 16:03 WIB

Duet KH Sahal Mahfudz-Dien Syamsudin kembali pimpin MUI 2010-2015

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Duet KH Sahal Mahfudz dan Dien Syamsudin kembali dipercaya memegang amanat sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum MUI periode 2010-2015.

Keputusan ini diambil dalam musyawarah yang diwakili oleh tim formatur yang berjumlah 17 orang dari berbagai unsur ormas keagamaan yang menjadi anggota MUI.

Advertisement

“Tadi pagi diumumkan duet Mbah Sahal dan Pak Dien sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum. Ini berarti komposisinya sama dengan sebelumnya,” kata Sekretaris Panitia Munas VIII MUI Asrorun Niam Sholeh kepada detikcom, Rabu (28/7).

Menurut Dosen UIN Jakarta ini, selain menetapkan kedua orang di atas, Munas juga mengangkat kembali Ichwan Syam sebagai Sekjen MUI periode 2010-2015. Sementara untuk posisi Ketua Bidang Fatwa MUI tetap diberikan kepada KH Ma’ruf Amin.

“Untuk posisi strategis hampir semua tetap. Ini semua diputuskan dalam rapat formatur dalam suasana kekeluargaan yang mendalam,” tegasnya.

Advertisement

Anggota formatur yang menentukan pengurus MUI terdiri dari 17 orang dengan berbagai latar belakang ormas keagamaan. Tugas formatur selain memilih nahkoda MUI 5 tahun mendatang juga menyusun pengurus bidang dan komisi.

Usai pemilihan ketua umum dan pengurus MUI, Munas VIII langsung ditutup oleh Wapres Boediono. Dalam Munas kali ini, MUI membuat beberapa fatwa yang lumayan mengagetkan masyarakat seperti pengharaman infotainment, bank sperma, cangkok organ manusia hidup dan mendukung pembuktian terbalik dalam kasus tindak pidana korupsi.

dtc/nad

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : MUI Sahal-Dien
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif