Rabu, 28 Juli 2010 16:03 WIB Tak Berkategori Share :

Duet KH Sahal Mahfudz-Dien Syamsudin kembali pimpin MUI 2010-2015

Jakarta–Duet KH Sahal Mahfudz dan Dien Syamsudin kembali dipercaya memegang amanat sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum MUI periode 2010-2015.

Keputusan ini diambil dalam musyawarah yang diwakili oleh tim formatur yang berjumlah 17 orang dari berbagai unsur ormas keagamaan yang menjadi anggota MUI.

“Tadi pagi diumumkan duet Mbah Sahal dan Pak Dien sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum. Ini berarti komposisinya sama dengan sebelumnya,” kata Sekretaris Panitia Munas VIII MUI Asrorun Niam Sholeh kepada detikcom, Rabu (28/7).

Menurut Dosen UIN Jakarta ini, selain menetapkan kedua orang di atas, Munas juga mengangkat kembali Ichwan Syam sebagai Sekjen MUI periode 2010-2015. Sementara untuk posisi Ketua Bidang Fatwa MUI tetap diberikan kepada KH Ma’ruf Amin.

“Untuk posisi strategis hampir semua tetap. Ini semua diputuskan dalam rapat formatur dalam suasana kekeluargaan yang mendalam,” tegasnya.

Anggota formatur yang menentukan pengurus MUI terdiri dari 17 orang dengan berbagai latar belakang ormas keagamaan. Tugas formatur selain memilih nahkoda MUI 5 tahun mendatang juga menyusun pengurus bidang dan komisi.

Usai pemilihan ketua umum dan pengurus MUI, Munas VIII langsung ditutup oleh Wapres Boediono. Dalam Munas kali ini, MUI membuat beberapa fatwa yang lumayan mengagetkan masyarakat seperti pengharaman infotainment, bank sperma, cangkok organ manusia hidup dan mendukung pembuktian terbalik dalam kasus tindak pidana korupsi.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…