News
Rabu, 28 Juli 2010 - 14:21 WIB

Anggota DPR yang terhormat memalukan kalau titip absen

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Tanda tangan ada, tapi fisik misterius. Itulah budaya absen yang marak di Senayan. Jelas budaya ini mendulang kritik keras. Sebagai wakil rakyat seharusnya mereka mengutamakan sikap jujur.

“Itu perilaku memalukan yang dilakukan anggota Dewan yang terhormat. Seharusnya tidak boleh terjadi,” kata Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi), Sebastian Salang, saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7).

Advertisement

Menurut dia, praktek titip absen itu memang ada, dan sudah sepantasnya Badan Kehormatan (BK) DPR bertindak. Jangan sampai integritas DPR tercemar.

“Tapi masalahnya BK DPR mandul dan tidak melaksanakan fungsinya. Padahal sanksi sudah jelas diatur dalam aturan kode etik,” jelas Sebastian.

Namun bagaimanapun untuk mengatasi anggota DPR pembolos ini, diperlukan peran langsung dari partai. “Partai bertanggung jawab atas kedisiplinan anggotanya. Harus ada sanksi bagi mereka yang membandel,” tegas Sebastian.

Advertisement

Sebelumnya Akbar Faizal, politisi Hanura, menuding banyak anggota DPR yang menitip absen dengan menyuruh ajudannya. Atau juga bahkan hanya absen saja kemudian pergi.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Memalukan Titip Absen
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif