Rabu, 28 Juli 2010 06:55 WIB Sport Share :

Adu Penalti, Sriwijaya ke final Piala Indonesia

Sidoarjo – Sriwijaya FC (SFC) berhasil melaju ke final Piala Indonesia usai mengatasi Persipura Jayapura melalui drama adu penalti. Ini merupakan final ketiga bagi Laskar Wong Kito.

SFC mengalahkan Persipura dengan skor 5-3 (2-2, 3-1 adu penalti) dalam laga semifinal yang digelar di Stadion Gelora Delta, Selasa (27/7) malam WIB.

Kiper SFC Ferry Rotinsulu menjadi bintang di babak tos-tosan dengan menepis dua tendangan eksekutor Persipura.

Ini merupakan kali ketiga tim asal Sumatra Selatan itu menembus babak final Piala Indonesia. Sebelumnya SFC melaju ke final di musim 2007 dan 2008/09, ketika kejuaraan ini masih bernama Copa Indonesia. Dalam dua kesempatan itu, SFC berhasil menjadi juara. Lawan Ferry Rotinsulu dkk. di laga puncak adalah pemenang Persik Kediri kontra Arema Malang

Jalannya pertandingan

Persipura berhasil mengejutkan SFC lewat gol cepat Gerrard Pangkali di menit ketiga.

Gol penyama berhasil dicetak Laskar Wong Kito menit ke-11 melalui titik penalti. Tendangan 12 pas diberikan usai wasit menilai salah satu pemain Mutiara Hitam handsball di kotak terlarang. Keith Kayamba Gumbs yang menjadi algojo berhasil membobol gawang lawan dan membuat skor menjadi 1-1.

Tim besutan Jacksen F Tiago kembali memimpin di menit ke-56 lewat tendangan jarak jauh Victor Igbonefo. Namun klub asuhan Rahmad Darmawan kembali membuat kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Pavel Solomin delapan menit berselang. Gol ini terjadi usai Solomin memanfaatkan kesalahan Igbonefo. Bola tembakan Solomin sempat ditepis Jendry Pitoy, namun terus melaju ke gawang Persipura.

Setelah beberapa kali mampu menciptakan peluang, SFC akhirnya berhasil membobol gawang Persipura pada menit ke-101 lewat Obiora. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menilai terjadi pelanggaran terlebih dahulu.

Tim Mutiara Hitam harus bermain dengan sepuluh orang usai Ian Kabes menerima kartu kuning kedua ketika extra time kedua memasuki menit akhir. Skor 2-2 memaksa pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan Laskar Wong Kito berhasil menang 3-1. Dari empat eksekutor Persipura, hanya Ricardo Salampessy yang berhasil melaksanakan tugasnya. Sementara itu usaha Igbonefo dan Pangkali bisa ditepis kiper SFC Ferry Rotinsulu. Ada pun eksekusi Emmanuel Wanggai melintas di atas gawang Laskar Wong Kito. Kegagalan Wanggai memastikan tiket final bagi Sriwijaya.

Sedangkan dari kubu tim asal Sumatra Selatan itu, eksekutor yang gagal adalah Zah Rahan. Tendangan pemain kunci SFC ini bisa ditepis oleh Jandry. Sementara itu eksekutor yang lain yakni Keith Kayamba, Pavel Solomin, dan Rahmat Rivai sukses menjebol gawang wakil Papua.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…