Selasa, 27 Juli 2010 20:05 WIB Kesehatan Share :

Khasiat kenikir

Jakarta–Kalau melihat tanaman liar ini, tidak ada yang menyangka kalau ternyata tanaman ini bisa dijadikan sayur. Umumnya dijadikan salah satu sayuran dalam pecel. Tak hanya rasanya yang enak, tapi jug memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Mau tahu?

Tidak semua orang mengenal tumbuhan ini. Daunnya berbentuk panjang-panjang dengan bunga berwarna kuning sedikit oranye. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan liar, karena hampir banyak di jumpai sebagai hiasan pagar. Tapi siapa sangka kalau tanaman ini bisa dijadikan sayur yang enak?

Cosmos caudatus Kunth, atau yang lebih dikenal dengan daun kenikir ini cukup akrab di telinga masyarakat Jawa. Karena daun kenikir ini sering dijadikan salah satu pelengkap sayuran pada pecel. Daun kenikir ini memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasa yang agak sedikit getir.

Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga. Sebuah penelitian juga menemukan kalau daun kenikir mengandung senyawa yang memiliki daya antioksidan yang cukup tinggi.

Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria). Pemacuan apoptosis merupakan salah satu cara penghambatan karsinogenesis atau penyebab kanker. Daun kenikir ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain di santap dengan sambel pecel, kenikir juga enak disantap sebagai lalapan dengan sambal goreng tomat.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT.Swadharma Sarana Informatika, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….