Senin, 26 Juli 2010 23:00 WIB Pendidikan Share :

Promosi besar-besaran, tak tarik minat pendaftar beberapa SDN

Solo (Espos)–Beberapa sekolah dasar (SD) Negeri sudah berusaha melakukan promosi besar-besaran untuk menarik minat siswa mendaftarkan di sekolah tersebut.

Namun, berbagai upaya itu ternyata tidak membuahkan hasil. Sehingga, SD Negeri (SDN) di wilayah Solo itu diketahui kekurangan murid lantaran sepinya peminat pada penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran (TA) 2010/2011.

Kepala Sekolah SD Negeri Purwosari Kulon Ali Mukhtar misalnya ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (26/7), mengaku sudah melakukan berbagai cara untuk menarik minat calon siswa mendaftarkan diri di sekolahnya.

Salah satunya dengan menawarkan berbagai fasilitas seperti bebas uang gedung dan pendaftaran, mengratiskan satu stel seragam putih merah, gratis tas sekolah, buku tulis dan alat-alat tulis.

Selain itu, dia menambahkan juga menyediakan beasiswa berprestasi di mana semua siswa diusulkan mendapatkan beasiswa tersebut. Tidak hanya itu pihaknya juga sudah melakukan pendekatan atau lobi-lobi ke sejumlah TK supaya mendaftarkan anak didiknya melanjutkan sekolah di SD Purwosari Kulon.

Namun berbagai upaya itu tidak membuahkan hasil. Jumlah siswa yang mendaftarkan diri di SD N Purwosari Kulon hanya lima orang ditambah satu siswa yang tidak naik ke kelas 2. Sehingga total jumlah siswa yang terdaftar di kelas 1 ada 6 orang.

“Padahal kalau sampai ada 10 siswa yang mendaftarkan diri akan saya beri 1 sepeda. Namun sayangnya hanya 6 siswa <I>thok<I>,” katanya.

isw

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTURINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…