News
Senin, 26 Juli 2010 - 17:35 WIB

Lomba Cipta Seni pelajar kacau, Putu Wijaya: Kesalahan terjadi karena waktu juri sangat sempit

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gianyar–Panitia Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional membuat kesalahan dalam pengumuman pemenang di hadapan Presiden SBY. Mereka berdalih kesalahan pengumuman pemenang karena sempitnya waktu penilaian hasil karya siswa.

“Tadi terjadi kesalahan, karena waktu antara pengumuman dan penjurian sangat sempit,” kata seniman Putu Wijaya yang bertindak sebagai ketua dewan juri kepada wartawan usai acara di Istana Tampak Siring, Gianyar, Bali, Senin (26/7).

Advertisement

Putu Wijaya melakukan kesalahan saat membacakan pemenang kedua lomba cipta lagu. Ia menyebut pemenangnya adalah Agustina Eka namun dengan sekolah yang berbeda.

Kondisi ini membuat ratusan peserta protes. Di tengah kebingungan, Putu Wijaya menetapkan Agustina sebagai pemenang. “Yang penting namanya benar,” kata Putu Wijaya.

Namun, tak berselang lama, Purwacaraka meralat dengan menyebut pemenangnya adalah siswa SMP 37 Jakarta Richard Herlambang.

Advertisement

Putu Wijaya menjelaskan dalam penilaian hasil karya siswa, yaitu lukis, desain batik, cipta lagu, dan puisi, tim juri tidak melihat identitas peserta.

“Juri tidak melihat nama dan sekolah. Setelah selesai penilaian, barulah nama pemenang itu dan sekolahnya dicocoknya oleh panitia, sehingga terjadi kesalahan antara nama peserta dan sekolah,” kata dia.

Kesalahan serupa juga terjadi pada lomba tahun sebelumnya. Hal ini diakui oleh Putu Wijaya. “Namanya manusia, terjadi kesalahan. Ini bukan yang pertama. Dulu juga terjadi kesalahan,” dalihnya.

Advertisement

Ia pun berjanji akan memperbaiki seluruh kesalahan yang terjadi pada lomba yang telah membuat siswi bersedih dan berurai air mata. “Tapi sudah diperbaiki saat itu juga. Kita juga akan perbaiki semua kesalahan yang ada,” janjinya.

dtc/nad

Advertisement
Kata Kunci : Waktu Juri Sempit
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif