Senin, 26 Juli 2010 15:09 WIB Internasional Share :

Kapal botol plastik sukses keliling Pasifik

Sydney–Suka cita menyambut kedatangan perahu layar Plastiki di Pelabuhan Sydney. Kapal unik yang dibuat dari 12.500 botol plastik ini sukses berlayar mengarungi Samudra Pasifik.

“Ini luar biasa. Senang rasanya bisa sampai ke Sydney,” kata David de Rothschild, putra bankir kaya asal Inggris yang menjadi sponsor Plastiki kepada AFP, Senin (26/7).

Plastiki telah menempuh perjalanan 15.000 km atau sekitar 9.000 mil. Plastiki mengambil namanya dari ekspedisi rakit bersejarah dari Amerika Selatan ke Polinesia tahun 1947 yang dilakukan Thor Heyerdhal dari Norwegia. Ekspedisi itu bernama Kontiki.

Plastiki berlayar dengan awak enam orang. Perjalanan dimulai dari Pasifik utara, Samoa Barat, Kaledonia Baru dan berakhir di Australia.

Belasan ribu botol plastik di kapal Plastiki diikat ke ponton pengambang, lalu dilem dengan plastik dan lem daur ulang dari sekam kacang mete dan tebu. Layarnya pun memakai plastik daur ulang.

Untuk tenaga penggerak, motor kapal Plastiki memakai gabungan panel surya, listrik tenaga angin dan generator yang dikayuh ala sepeda. Para awak kapal memanfaatkan air minum dari urin yang didaur ulang.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…