Soloraya
Senin, 26 Juli 2010 - 22:31 WIB

5.000-an Anak jadi korban traficking

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjarsari (Espos)–Sebanyak 5.000 lebih anak-anak jadi korban traficking atau perdagangan anak-anak. Angka tersebut tersebar di berbagai intansi dan kementerian dengan berbagai kasus yang intinya melibatkan anak-anak.

Di sisi lain, maraknya tayangan asusila di televisi kian menambah deretan panjang kekerasan psikologi terhadap anak-anak. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP&PA), Linda Amalia Sari Gumelar kepada wartawan mengaku sangat prihatin atas kondisi dunia pertelevisian yang kian berani menayangkan acara-acara tak mendidik.

Advertisement

“Televisi itu sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan anak-anak. Lha, kalau tayangan asusila merajalela di televisi, bagaiman nasib anak-anak negeri ini,” paparnya dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Taman Balekambang, Senin (26/7).

Dalam acara yang diikuti ratusan anak-anak tersebut, Linda mengaku kerap meminta agar peran KPI dalam mendisiplinkan tayangan digalakkan. Selain soal kualitas acara televisi yang seakan lepas dari tanggungjawab, Linda juga menyoroti banyaknya korban traficking.

Dia menyebutkan, tahun 2008 lalu sedikitnya  5.000 anak-anak jadi korban kekerasan. Jumlah tersebut tercium di 19 instansi mulai kementrian ketenagakerjaan, pertanian, pekerjaan umum, kehutanan, atau kepolisian. Sehingga, upaya penanganannya juga musti melibatkan banyak pihak.

Advertisement

Rata-rata, usia anak-anak yang menjadi korban kekerasan itu antara 4 tahun hingga 18 tahun. Mereka rata-rata mengalami kekerasan fisik, seksual, dalam bentuk perdagangan anak-anak. “Nah, di era otonomi daerah inilah, peran daerah untuk mengawasi laju perdagangan anak-anak bisa dicegah. Antar instansi akan saling berbagi informasi untuk menghentikan aksi perdagangan anak-anak,” paparnya.

asa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif