News
Minggu, 25 Juli 2010 - 15:27 WIB

Tahun depan UN bisa jadi "tiket" kuliah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pontianak-– Kementerian Pendidikan Nasional akan melakukan sinergi hasil Ujian Nasional dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri secepatnya.

“Mungkin mulai tahun ke depan Ujian Nasional menjadi proporsi dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso di Pontianak, Minggu.

Advertisement

Menurut dia, keduanya nanti dipertimbangkan menjadi ukuran untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Ia menambahkan, tidak ada perbedaan antara hasil Ujian Nasional siswa di Pulau Jawa dengan luar Jawa.”Ujian Nasional berlaku nasional,” kata mantan Rektor Institut Teknologi Bandung itu.

Ia menambahkan, Ujian Nasional merupakan nilai pencapaian anak di tingkat sekolah. sedangkan seleksi untuk menilai kemampuan siswa menyelesaikan sekolah.

Advertisement

Selama ini, lanjut dia, siswa asal Provinsi Kalimantan Barat juga dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri di Jawa atau daerah lain di seluruh Indonesia.

Ia melanjutkan, Ditjen Pendidikan Tinggi juga tengah menyiapkan pendidikan karakter dalam sistem perkuliahan. “Sekarang mulai dirumuskan,” katanya.

dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pendidikan UN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif