Minggu, 25 Juli 2010 15:27 WIB Pendidikan Share :

Tahun depan UN bisa jadi "tiket" kuliah

Pontianak-– Kementerian Pendidikan Nasional akan melakukan sinergi hasil Ujian Nasional dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri secepatnya.

“Mungkin mulai tahun ke depan Ujian Nasional menjadi proporsi dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso di Pontianak, Minggu.

Menurut dia, keduanya nanti dipertimbangkan menjadi ukuran untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Ia menambahkan, tidak ada perbedaan antara hasil Ujian Nasional siswa di Pulau Jawa dengan luar Jawa.”Ujian Nasional berlaku nasional,” kata mantan Rektor Institut Teknologi Bandung itu.

Ia menambahkan, Ujian Nasional merupakan nilai pencapaian anak di tingkat sekolah. sedangkan seleksi untuk menilai kemampuan siswa menyelesaikan sekolah.

Selama ini, lanjut dia, siswa asal Provinsi Kalimantan Barat juga dapat mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri di Jawa atau daerah lain di seluruh Indonesia.

Ia melanjutkan, Ditjen Pendidikan Tinggi juga tengah menyiapkan pendidikan karakter dalam sistem perkuliahan. “Sekarang mulai dirumuskan,” katanya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…