Minggu, 25 Juli 2010 17:55 WIB News Share :

SBY ajak perbaiki akhlak mulai dari diri sendiri

Jakarta — Tragedi video porno artis menghentakkan Indonesia bagaimana serius permasalahan akhlak dan moral. Para pemuka agama dan masyarakat diminta membimbing akhlak masyarakat dimulai dari diri sendiri.

“Semua tentu setuju pentingnya akhlak, moral dan etika. Pentingnya kehidupan yang relijius yang pandai membedakan mana yang hak dan yang batil, termasuk tegaknya amar ma’ruf nahi munkar,” ujar Presiden SBY.

Hal itu disampaikan SBY dalam Pembukaan Musyawarah Nasional VIII dan Milad ke-35 Majelis Ulama Indonesia (MUI) di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (25/7).

Para tokoh agama dan masyarakat, serta masyarakat sendiri diminta untuk menghormati pranata hukum, sosial, peradaban dan nilai keindonesiaan.

“Kita tidak hanya sekadar tahu apakah pentingnya semua itu. Kita para pemimpin, termasuk para ulama dan tokoh masyarakat, kita mulai dalam diri kita sendiri, ini mendasar,” tegas SBY.

SBY menambahkan para tokoh agama dan masyarakat untuk berdiri di depan yang bisa menjadi contoh dan memberikan contoh akhlak yang baik pada masyarakat.

“Kita ingin agar rakyat Indonesia dan umat Islam di negeri ini betul-betul menjadi muslimin yang beriman, beradab dan santun yang baik beradasarkan agama Islam dan kearifan lokal kita semua,” jelasnya.

Dalam acara pembukaan ini tampak hadir beberapa menteri KIB II yaitu Mensesneg Sudi Silalahi, Menkokesra Agung Laksono, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menkominfo Tifatul Sembiring, Mendiknas M Nuh, Mendagri Gamawan Fauzi, Menag Surydharma Ali, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri dan Wagub DKI Prijanto.

dtc/tya

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…