News
Sabtu, 24 Juli 2010 - 13:43 WIB

PT KA siapkan 17 KA tambahan Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung--PT Kerata Api Indonesia menyiapkan sebanyak 17 rangkaian KA tambahan untuk melayani angkutan mudik dan balik Lebaran 2010.

“Penambahan kereta api (KA) tambahan saat angkutan Lebaran merupakan prosedur tetap untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Peningkatan penumpang pada Lebaran mendatang diprediksi sekitar 1,6 persen,” kata Direktur Operasi PT KA Bambang Irawan di Bandung, Sabtu (24/7).

Advertisement

Menurut Bambang, KA tambahan itu akan di sebar ke beberapa rute padat terutama dari Jakarta ke wilayah Jateng, Yogyakarta dan Jawa Timur baik itu menggunakan jalur Utara, tengah maupun jalur Selatan.

Setiap Daop padat, disiapkan tiga rangkaian KA tambahan yang akan dioperasikan mupai H-7 Lebaran. KA tersebut bervariasi yakni kelas ekonomi, eksekutif maupun bisnis.

Sebagian besar rangkaian KA tambahan itu dioperasikan dari Jakarta yakni dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senen ke wilayah Jatim. Selain itu, PTKA juga menyiapkan kereta-kereta tambahan yang akan digandengkan pada KA reguler untuk mengantisipasi kenaikan penumpang. Rata-rata penambahan kereta  untuk rangkaian reguler biasanya antara tiga hingga empat kereta.

Advertisement

“Setiap Daop sudah menyiapkan kereta tambahan itu yang pengoperasiannya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah penumpang,” kata Bambang.

PT Kereta Api juga akan mengoperasikan KA komunitas untuk mengangkut para pemudik berikut barang-barang termasuk sepeda motor milik pemudik. Sehingga andil mengurangi kepadatan sepeda motor di jalur mudik Lebaran 2010.

“Pemudik bisa membawa sepeda motor mereka dengan lebih nyaman dan tak perlu melaju di jalanan, cukup menggunakan KA komunitas, turun di stasiun tujuan selanjutnya pakai sepeda motor ke kampung masing-masing,” kata Bambang.

Advertisement

Sementara itu Kepala Humas Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno menyebutkan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkan antisipasi menjelang angkutan Lebaran. Termasuk menyiapkan kereta tambahan untuk beberapa rangkaian kA jurusan ke Timur.

Sementara itu. PTKA juga akan memberlakukan penyesuaian tarif untuk KA komersial dengan kenaikan hingga 35 persen. Selain pada angkutan Lebaran mulai H-10 Lebaran, juga dilakukan menjelang Bulan Puasa atau 6-10 Agustus 2010.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif