Sabtu, 24 Juli 2010 19:00 WIB Internasional,Solo Share :

Tiga gempa besar goncang Filipina Selatan

Butuan City–Kantor Pertahanan Sipil (OCD) dan berbagai dewan bencana di Filipina selatan dikerahkan menghadapi tiga gempa bumi kuat yang terjadi susul-menyusul Sabtu pagi di pulau terbesar kedua di Filipina.

Namun, tidak segera didapat laporan mengenai kerusakan atau korban, pada saat OCD dan dewan-dewan bencana daerah dan wilayah di Mindanao masih menghimpun data dari lapangan.

Petugas OCD dan Dewan Koordinasi Bencana Wilayah (RDCC) di Mindanao Tengah, Semenanjung Zamboanga dan Mindanao Timur laut telah dikerahkan untuk memantau dampak gempa itu.

“Kami masih memantau laporan-laporan dari lapangan,” kata Direktur OCD Wilayah Mindanao Timur Laut Blanche T. Gobenciong.

Laman Internet Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan bahwa gempa pertama pada kedalaman sekitar 604,5 kilometer tercatat sekitar pukul 06:08 waktu setempat Sabtu, dengan pusat gempa pada 100 kilometer di barat daya kota perbatasan selatan Cotabato, Mindanao Tengah.

Goncangan juga terasa di beberapa kota di Zamboanga, Pagadian, Semenanjung Zamboanga dan Koronadal, Mindatao Tengah, menurut USGS.

USGS juga melaporkan gempa kedua berkekuatan 7,6 pada skala Richter pada kedalaman 576,3 kilometer, tercatat sesaat sebelum pukul 07:00 waktu setempat.

Gempa ketiga berkekuatan 7,4 SR terjadi pada kedalaman 616,7 kilometer pada sekitar pukul 07:15 waktu setempat.

Satu gempa relatif lemah tercatat pada pukul 06:19 pada kedalaman 594,8 kilometer dengan pusat gempa diperkirakan 95 kilometer di barat-bara daya Cotabato City atau 115 kilometer di selatan Kota Pagadian.

Banyak penduduk yang daerahnya digoncang gempa mengatakan dalam wawancara radio bahwa mereka masih tidur ketika gempa kuat pertama terjadi dan membangunkan mereka.

ant/nad

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…