News
Sabtu, 24 Juli 2010 - 18:10 WIB

Menuju Sail Banda, Baruna Jaya III petakan dasar perairan Maluku

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kapal Riset Baruna Jaya III BPPT akan mengikuti ajang Sail Banda 2010. Bukan sekedar untuk meramaikan suasana namun juga melakukan riset biota laut dan pemetaan dasar Perairan Maluku.

“Kami berangkat dengan 20 kru dan 36 partisipan. Kebanyakan mahasiswa kelautan dan pelajar. Mereka rencananya akan melakukan beberapa penelitian dan uji coba,” ujar Kepala Tim Baruna Jaya III BPPT, Imam Mudita, sebelum keberangkatannya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (24/7).

Advertisement

Rencana kegiatan Kapal Baruna Jaya III ini adalah melaksanakan survei pemetaan dasar laut dan survei oseanografi seperti pengukuran parameter air laut dan arus di perairan sekitar Lifamatola dan Pulau Seram. Selain itu, memberikan pelatihan kepada peserta, pelajar dan pramuka.

“Yang kami lakukan nanti adalah survei batu metri, pengukuran oceanografi dan sebagainya. Kita pelayaran 15 hari, survei 3 hari lalu kembali lagi ke Jakarta,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu perwakilan dari Ikatan Sarjana Oceanologi Indonesia (ISOI) yang menjadi peserta dalam kapal ini mengatakan akan melakukan penelitian dan survei mengenai plankton.

Advertisement

“Kami akan melakukan penelitian mengenai sebaran vertikal plankton yang ada di perairan pulau buru dan selat lifamato. Kita mengunakan alat bernama CTD mencari tentang seberapa vertikal plankton-plankton,” kata Arum Albuntana.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif