News
Sabtu, 24 Juli 2010 - 11:26 WIB

India kembangkan "laptop" paling murah di dunia

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New Delhi–India telah tampil dengan “laptop” paling murah di dunia, perangkat komputer layar sentuh yang berharga 35 dolar AS. Menteri Pembangunan Sumber Daya Manusia India Kapil Sibal Sabtu (24/7), mengungkapkan perangkat komputer itu dengan harga murah yang dirancang buat siswa, dan mengatakan departemennya telah memulai pembicaraan dengan pemilik pabrik global untuk memulai produksi massal.

“Kami telah mencapai tahap (pengembangan) yang hari ini, motherboard, chip, prosesor, konektivitasnya, semuanya secara kumulatif berharga sekitar 35 dolar AS, termasuk memori, layar, semuanya,” kata Sibal dalam satu taklimat.

Advertisement

Ia mengatakan perangkat layar sentuh tersebut dilengkapi dengan browser Internet, PDF reader dan fasilitas konferensi video tapi perangkat kerasnya diciptakan dengan keluwesan yang memadai untuk menggabungkan semua komponen baru sesuai dengan keperluan pemakainya.

Sibal mengatakan perangkat komputer yang berdasarkan Linux diperkirakan akan diperkenalkan bagi lembaga pendidikan tinggi dari 2011 tapi tujuannya ialah menurunkan harga lebih lanjut jadi 20 dolar AS dan akhirnya jadi 10 dolar AS.

Perangkat itu dikembangkan oleh tim peneliti di lembaga teknologi utama di India, Indian Institute of Technology dan Indian Institute of Science. India menghabiskan sebanyak tiga persen anggaran tahunannya pada pendidikan sekolah dan telah meningkatkan angka melek hurufnya hingga mencakup 64 persen dari 1,2 miliar warganya.

Advertisement

Akan tetapi berbagai studi telah memperlihatkan banyak siswa nyaris tak dapat membaca atau menulis dan kebanyakan sekolah pemerintah tak memiliki fasilitas yang memadai.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : India Kembangkan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif