News
Jumat, 23 Juli 2010 - 12:29 WIB

UNS luncurkan dua program studi baru

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sedikitnya 90.000 tenaga profesional masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perbankan syariah di Indonesia. Melihat pertumbuhan perbankan syariah inilah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka Manajemen Keuangan Syariah yang berada di bawah program studi (Prodi) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) UNS.

Selain itu, UNS juga membuka Prodi baru S1 Sastra Arab di Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR). Rektor UNS Dr H Much Syamsulhadi SpKj dalam jumpa pers kepada wartawan di UNS, Jumat (23/7) menyebutkan minat utama yang dikembangkan dalam Prodi Sastra Arab meliputi linguistik arab, pengajar bahasa Arab, sastra Arab, penerjemahan dan kajian Timur Tengah. Menurutnya kompetensi lulusan ini nantinya diharapkan mampu mengisi kekosongan kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan.

Advertisement

Beberapa tenaga kerja itu di antaranya pengajar bahasa arab, penterjemah bahasa arab, pemandu ibadah haji dan pariwisata ke Timur Tengah. Selama ini, dia mengatakan pengajar bahasa Arab dengan gelar S1 masih kurang. Terutama untuk sekolah-sekolah seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Untuk memenuhi tenaga kerja inilah, UNS membuka Prodi baru S1 Sastra Arab. Karena lulusan sastra Arab juga dibutuhkan di kedutaan Timur Tengah serta sebagai pemandu ibadah haji. UNS juga kerjasama dengan 3 universitas ternama di Mesir, yaitu Al Azhar University, Cannal Suez University, Cairo Unviversity dan Atase pendidikan nasional kedutaan RI di Mesir,” sebutnya.

Syamsulhadi mengatakan baru dibukanya Prodi S1 Sastra Arab lantaran izin dari Ditjen Dikti keluar setelah pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sehingga proses seleksi mahasiswa dimana kuota yang diotetapkan 40 orang ini akan dilakukan dengan mengadakan ujian seleksi penerimaan mahasswa baru (SPMB) UNS pada tanggal 7 Agustus mendatang. Pendaftaran dimulai dari tanggal 20-5 Agustus 2010.  “Peserta yang dapat mengikuti seleksi meliputi semua lulusan SMA atau sederajat termasuk lulusan pondok pesantren tingkat Aliyah,” jelasnya.

Advertisement

Sementara UNS juga membuka S2 Manajemen Keuangan Syariah bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional pengelolaan keuangan perbankan dengan bergelar Magister Manajemen (MM).

Ditambahkan Syamsulhadi, selain meluncurkan dua program studi baru UNS juga mendirikan Pusat Studi Ekonomi Islam (PSIE) di Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNS. Pusat studi ini merupakan pusat penelitian antar keilmuan yang mengkaji tentang ekonomi islam sebagai bagian dari pendekatan ekonomi.

isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif