News
Jumat, 23 Juli 2010 - 09:36 WIB

Perempuan asal Jakarta panjat menara BTS di Magelang

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magelang–Ratusan warga Wates, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis malam (22/7) geger akibat seorang perempuan paruh baya asal Jakarta yang nekat memanjat menara Base Transceiver Station (BTS) setinggi 42 meter. Setelah hampir 5 jam, tim SAR akhirnya berhasil menurunkan perempuan tersebut.

Perempuan tersebut diketahui bernama Suweni, 40 warga Kebon Kacang RT 01/RW II, Tanah Abang, Jakarta. Salah seorang warga, secara tidak sengaja melihat Suweni sedang memanjat BTS sekitar pukul 18.30 WIB.

Advertisement

Warga itu kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Komando Rayon Militer (Koramil) yang kebetulan berada di seberang jalan BTS berada.

“Saya mendapatkan laporan dari salah seorang warga kalau ada suara tangisan sesudah magrib, kemudian saya hampiri ternyata ada seorang wanita yang sudah berada diatas menara BTS,” tegas petugas piket Komando Rayon Militer 23, Magelang Utara Kodam IV Diponegoro Sersan Mayor Samsu saat ditemui di lokasi.

Samsu kemudian berusaha memanjat tower untuk mengecek kondisi Suweni. Samsu juga menemukan sebuah tas yang dibawa Suweni dan digantungkan di bagian bawah menara BTS itu.

Advertisement

“Saya langsung mengambil tas dan saya tidak berani untuk mengajak perempuan itu turun karena tidak menggunakan perlengkapan,” kata Samsu.

Samsu kemudian membuka tas tersebut dan menemukan KTP, sepasang pakaian, seperangkat alat kosmetik serta surat jalan dari Departemen Sosial Sidoarjo, Jawa Timur.

“Awalnya saya ingin menolong, tetapi takut kalau saya dekati melompat malah repot dan saya laporkan kejadian itu ke Polresta Magelang untuk melakukan evakuasi,” ujar Samsu.

Advertisement

Petugas Polresta Magelang kemudian berusaha untuk menurunkan Suweni. Ratusan warga tampak antusias berdatangan menyaksikan proses evakuasi yang dramatis, sebab suara isak tangis Suweni terdengar sampai ke bawah menara.

Sekitar pukul 22.45 WIB, tim SAR Kota Magelang akhirnya berhasil menurunkan Suweni yang kondisinya sudah sangat lusuh. Suweni kemudian langsung dibawa ke Polres Magelang untuk diperiksa kondisi jiwanya.

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif