Jumat, 23 Juli 2010 11:33 WIB Internasional Share :

Belgia perangi perut buncit di militernya

Brussels–Belgia akan melancarkan perang melawan tentara buncit dengan rencana diet untuk secara nyata membuat ramping personil Angkatan Darat, yang kebanyakan prajuritnya kelebihan berat badan, demikian laporan media Belgia, Kamis.

Pada saat yang sama, Kementerian Pertahanan Belgia berencana mengurangi prajuritnya jadi 34.500 personil dengan mengizinkan 1.150 prajurit untuk memasuki pensiun dini tahun depan, kata kantor berita Belga. Mereka yang tetap dinas harus menguruskan garis pinggang mereka.

Wanita jurubicara Angkatan Darat yang dikutip oleh surat kabar Flemish, Het Nieuwsblad, Jumat (23/7), mengatakan 60 persen prajurit kelebihan berat badan dan 15 persen di antara mereka kegemukan.

“Sama seperti petugas pemadam, seorang prajurit harus prima,” kata wanita jurubicara Ingris Baeck, kepada Nieuwsblad. Ia mengatakan usia rata-rata prajurit Belgia ialah 40 tahun.

“Kepala pertahanan (Jenderal Charles-Henri Delcour) sekali lagi telah menekankan masalah itu 10 hari lalu. Kami ingin terbebas dari citra ‘prajurit buncit’,” kata Baeck.

Militer akan melancarkan program diet pada musim gugur. Militer Belgia juga telah melakukan diet keuangan. Anggaran pertahanan negeri tersebut telah turun setiap tahun sejak 2008 dan berjumlah sekitar 1,0 persen dari produk domestik kotor, lebih rendah dari batas 2,0 persen yang dituntut oleh NATO buat semua anggotanya.

Militer Belgia bukan satu-satunya anggota NATO dengan prajurit bertubuh tambun di jajarannya. Sebanyak 4,4 persen tentara AS, atau sebanyak 69.000 prajurit pria dan wanita dipandang kegemukan pada 2008, demikian data yang dikeluarkan Pentagon.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…