Kamis, 22 Juli 2010 09:06 WIB Internasional Share :

Bom mobil tewaskan 30 orang di Irak

Irak–Ledakan bom mobil merenggut 30 jiwa dan mencederai 46 orang di dekat sebuah masjid di daerah Syiah kota Baquba, sebelah utara Baghdad, Rabu malam (21/7), kata sejumlah pejabat keamanan.

Bom yang dipasang di sebuah mobil yang diparkir dekat masjid Syiah di daerah Abu Sayeeda di kota itu meledak sekitar pukul 18.00 waktu setempat (pukul 22.00 WIB), menurut seorang pejabat dari Komando Operasi Baquba.

Polisi memberlakukan larangan keluar rumah di daerah itu karena mereka curiga ada bom-bom lain, kata pejabat itu. Provinsi Diyala, yang beribukota Baquba, seringkali menjadi sasaran serangan gerilyawan Al-Qaeda yang berusaha mengobarkan ketegangan di tingkat masyarakat.

Senin, ledakan bom mobil yang diparkir di depan sebuah kedai kopi menewaskan tujuh orang dan dan melukai 21 lain di kota itu, kata polisi. Bom mobil juga meledak Selasa, melukai enam orang Iran dan dua orang Irak. Serangan itu ditujukan pada sebuah bis di Jadidat al-Shat ke arah barat kota itu.

Juga Rabu di provinsi Diyala, seorang prajurit AS tewas dalam ledakan bom pinggir jalan, demikian diumumkan militer AS. “Seorang prajurit Divisi Utara AS tewas hari ini di provinsi Diyala ketika kendaraan prajurit itu diserang bom improvisasi,” kata militer AS dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak 4.413 prajurit AS tewas sejak invasi pimpinan AS pada 2003 menggulingkan mantan Presiden Saddam Hussein yang kini telah dieksekusi. Ketidakpastian politik setelah pemilihan umum 7 Maret telah menyulut peningkatan kekerasan dalam beberapa bulan terakhir.

Sebanyak 284 orang — 204 warga sipil, 50 polisi dan 30 prajurit — tewas pada Juni, kata kementerian-kementerian kesehatan, pertahanan dan dalam negeri di Baghdad kepada AFP.       Menurut data pemerintah, 337 orang tewas dalam kekerasan pada Mei.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT.MITRA PINASTHIKA MUSTIKA FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…