News
Rabu, 21 Juli 2010 - 14:10 WIB

SMK waspadai perusahaan fiktif

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)—Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Solo mulai selektif memilih perusahaan untuk diajak kerjasama dalam menyalurkan anak didiknya. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya perusahaan fiktif.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMK 5 Solo Sudarto ketika dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (21/7). Selama ini, Sudarto mengatakan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya perusahaan fiktif. Terutama, lanjutnya, perusahaan yang memang menjalin kerjasama dengan sekolahnya termasuk penyaluran jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI).

Advertisement

Dalam penyaluran tenaga kerja misalnya, Sudarto menuturkan perusahaan tersebut harus memiliki legalititas jelas. Tidak hanya itu, tes seleksi masuk pun dilakukan oleh konsultan yang telah ditunjuk. Sehingga kemungkinan sangat kecil penyaluran tenaga kerja ke perusahaan fiktif. “Kami terus waspada kalau memang ada perusahaan fiktif. Beruntung selama ini kami belum menemukan ada perusahaan fiktif, ujarnya.

Sudarto menyebutkan berdasarkan catatan yang ada jumlah tenaga kerja dari SMK 5 yang disalurkan setiap tahunnya mencapai ratusan siswa. Tidak hanya perusahaan di dalam negeri saja, namun juga perusahaan luar negeri. Belum lama ini, dia mengatakan telah menyalurkan anak didiknya sebanyak 15 siswa bekerja di Malaysia.

isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif