Rabu, 21 Juli 2010 15:30 WIB Solo Share :

Pelantikan Jo-Dy dipastikan di Pendhapi Balaikota

Solo (Espos)–Pelantikan walikota-wakil walikota terpilih Jokowi-FX Hadi Rudyatmo (Jo-Dy) diputuskan digelar di Pendhapi Balaikota, Rabu (28/7) mendatang.

Rencananya, pelantikan itu dihadiri 1.200 tamu undangan. Kepastian itu muncul setelah Pimpinan DPRD Solo menggelar rapat bersama Sekda, Sekwan dan Bagian Protokoler Pemkot Solo di Gedung Dewan, Rabu (21/7).

Ketua DPRD Solo YF Sukasno mengatakan, pelantikan walikota-wakil walikota terpilih mengatakan, pelantikan akan digelar pukul 11.30 WIB. “Acaranya yaitu sidang paripurna istimewa DPRD Solo di Pendhapi Balaikota,” terang Sukasno.

Dia mengatakan, sebelum acara resmi pelantikan walikota-wakil walikota oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo, akan ada prosesi menuju Pendhapi yang melibatkan perwakilan masyarakat dari 51 kelurahan di Kota Bengawan.

Prosesi itu seperti fragmen yang menggambarkan harapan masyarakat dan juga terpilihnya Jo-Dy hingga akhirnya dilantik. “Diarak masyarakat dan KPU dan dibawa ke Pendhapi untuk dilanjutkan dengan pelantikan. Semua konsepnya adalah khas Jawa,” terang politisi PDIP.

Mengenai besarnya anggaran, dia menyatakan, pagu untuk pelantikan itu mencapai Rp 236 juta. Namun, lanjut dia, Sekda Budi Suharto sudah menegaskan, kemungkinan dana itu tidak habis semuanya.

Ditemui terpisah, Budi mengatakan, tidak ada niatan untuk menghabiskan semua anggaran itu dan pihaknya berupaya untuk seirit mungkin. Dana pelantikan itu digunakan untuk biaya konsumsi, sewa tenda, sound system. Dia menilai, anggaran itu masih dalam batas kewajaran.

“Pagunya sebanyak itu, mangga dinilai. Namun, tidak serta merta akan kami gunakan semuanya. Kami upayakan untuk seminimal mungkin. Dana itu untuk dua kegiatan yaitu pelantikan walikota-wakil walikota dan pelantikan PKK,” terang Budi.

Dia mengatakan, rencananya ada 1.200 tamu undangan dalam pelantikan itu. Selain pejabat publik di Solo, perwakilan dari masyarakat juga akan diundang. Setiap kelurahan mendapatkan jatah lima orang untuk hadir dalam pelantikan itu. Lima orang itu, lanjut dia, bisa diwakili dari LPMK, karang taruna ataupun PKK.


dni

lowongan pekerjaan
NSC FINANCE KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…