Rabu, 21 Juli 2010 22:33 WIB News Share :

DPR dan pemerintah sepakat masa jabatan Komisioner KY diperpanjang

Jakarta –– Komisi III (Hukum) DPR dan pemerintah sepakat untuk memperpanjang masa jabatan komisioner Komisi Yudisial (KY) hingga komsioner periode baru terpilih. Kesepakatan ini dilakukan menyusul molornya waktu penyeleksian komisioner karena sepinya peminat.

“Apa yang disampaikan MenkumHAM sudah direspon Komisi III yang intinya menyetujui perpanjangan masa komisioner KY,” kata Ketua Komisi III DPR Benny K Harman dalam rapat kerja dengan MenkumHAM Patrialis Akbar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/7).

Seperti diketahui, masa jabatan 7 komisioner KY periode 2005-2010 akan habis masa jabatannya pada 2 Agustus mendatang. Sementara masa pendaftaran untuk seleksi komisioner KY periode 2010-2015 baru akan berakhir pada 9 Agustus mendatang. Panitia seleksi sudah dua kali memperpanjang masa pendaftaran itu.

Benny melanjutkan, komisi menyerahkan sepenuhnya payung hukum untuk perpanjangan masa jabatan ini ke pemerintah.

“Payung hukumnya banyak diperdebatkan anggota komisi III, maka itu akhirnya kami berpendapat bahwa upaya hukum itu urusan pemerintah. Mau menggunakan keppres atau perppu, kita hanya mengawasai saja,” kata Benny.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…