Soloraya
Selasa, 20 Juli 2010 - 16:59 WIB

Perketat pengawasan Pilkada, PPL dijaring

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Rekrutmen Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Pilkada Klaten mulai dibuka pekan ini. Lowongan PPL terbuka bagi masyarakat luas yang dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di wilayah masing-masing.

Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Klaten, Suharno, Selasa (20/7), mengatakan, dibutuhkan 401 personel PPL untuk mengawasi pelaksanaan tahapan Pilkada di tingkat desa/kelurahan. “Pekan ini mulai perekrutan PPL dan dilanjutkan dengan proses seleksi. Ditargetkan 2 Agustus mendatang, seluruh PPL sudah bisa dilantik,” jelasnya di Klaten.

Advertisement

Dia menuturkan, tahapan seleksi PPL meliputi seleksi administrasi, wawancara serta fit and proper test. Menurut Suharno, pihaknya kini gencar mendatangi Panwascam untuk mengecek kesiapan mereka dalam menyelenggarakan rekrutmen PPL. Dia menegaskan, kewenangan perekrutan PPL di tangan Panwascam dan Panwas sekadar memantau.

Suharno menuturkan, PPL bertugas mengawasi seluruh tahapan Pilkada di tingkat desa/kelurahan. Setelah dilantik, PPL efektif bertugas selama empat bulan dengan besaran honorarium Rp 250.000 per bulan ditambah uang investigasi dan alat tulis kantor (ATK). Dijelaskan dia, jika Pilkada berjalan hingga dua putaran, masa kerja Panwascam ditambah dua bulan.

Menurut Suharno, fungsi PPL sangat urgen sebagai ujung tombak pengawasan Pilkada di wilayah Klaten yang sedemikian luas. Dia mengatakan, lowongan PPL tertutup bagi anggota Parpol supaya netralitas tetap terjaga hingga Pilkada rampung. Pihaknya meminta Panwascam lebih jeli meneliti peserta rekrutmen PPL supaya tidak disusupi tim sukses dari pasangan tertentu.

Advertisement

rei

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif