Senin, 19 Juli 2010 19:53 WIB News Share :

Nanan calon kuat Kapolri, Oegroseno & Timur Mengintai

Jakarta –– Nama sejumlah calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri sudah santer beredar. Namun dari nama-nama yang muncul calon paling kuat yakni Irwasum Komjen Pol Nanan Sukarna.

“Yang unggul sementara Nanan Soekarna, karena dia bintang tiga, sementara calon lainnta yang bintang tiga akan memasuki masa pensiun. Kalau Nanan 3 tahun lagi,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Netta S Pane saat dihubungi, Senin (19/7).

Dia menjelaskan, calon lainnya yang juga kuat yakni Kapolda Sumut Irjen Pol Oegroseno dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Timur Pradopo.

“Ya tapi keduanya bintang dua. Kans mereka bisa dilihat dari nanti bulan-bulan ke depan, saat Kababinkam Komjen Pol Iman Haryatna memasuki masa pensiun, bisa dilihat siapa yang naik,” imbuhnya.

Untuk Nanan, dia memiliki track record saat menjadi Kapolda di Kaltim di mana dia mewajibkan anak buahnya memasang pin anti KKN. Namun dia juga memiliki hambatan saat menjadi Kapolda Sumut di mana saat itu Ketua DPRD meninggal karena demo anarkis.

“Kalau Oegroseno dia berani bersikap dalam kasus Aan, yakni penganiayaan di Artha Graha, sedang Timur memiliki rekam jejak yang juga baik di Jawa Barat,” tuturnya.

Namun yang cukup mengejutkan, muncul juga nama mantan Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Bachrul Alam. Nama dia disebut-sebut juga masuk dalam list.

“Informasinya saya terima dari teman-teman di Cikeas,” tutupnya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…