News
Sabtu, 17 Juli 2010 - 17:09 WIB

Pipa minyak di China meledak

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dalian–Ledakan menghantam 2 jaringan pipa minyak di Dalian, kota pelabuhan di Provinsi Liaoning, China. Kebakaran hebat pun melanda. Api baru bisa dipadamkan 15 jam kemudian.

Seperti dilansir news.xinhuanet.com, Sabtu (17/7/2010), ledakan pertama mengenai sebuah pipa minyak berdiameter 0,9 meter sekitar pukul 18.00 waktu setempat, Jumat (16/7) dan memicu ledakan pada pipa lain yang letaknya berdekatan dengan Pelabuhan Xingang, Dalian.

Advertisement

Kedua jaringan pipa, yang dimiliki oleh China National Petroleum Corppration (CNPC) itupun terbakar hebat. Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran dan 110 mobil pemadam dikerahkan di lokasi untuk memadamkan api.

Kobaran api pada pipa yang lebih besar berhasil dipadamkan pada pukul 23.30 waktu setempat. Namun, pipa yang lebih kecil sepanjang 200 meter masih terbakar api karena petugas gagal mematikan pompa minyak.

Api baru bisa dipadamkan Sabtu pagi, tepatnya 15 jam setelah ledakan terjadi. Lebih dari 2 ribu petugas pemadam dan 338 mobil pemadam dari 14 kota di seluruh propinsi bekerja sepanjang malam untuk memadamkan api.

Advertisement

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Hal ini karena lokasi kebakaran letaknya jauh dari pemukiman.

Peristiwa ini menarik perhatian Presiden Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao. Bahkan Wakil Perdana Menteri Zhang Dejiang turun langsung ke lokasi pada Jumat malam untuk memimpin upaya pemadaman. Angkatan udara China juga mengirimkan 2 pesawat jenis Y8 yang membawa 17,8 ton busa pemadam api untuk membantu pemadaman.

Pemerintah setempat masih menyelidiki penyebab insiden ini.

Advertisement

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif