Soloraya
Sabtu, 17 Juli 2010 - 21:58 WIB

PB X lebih dari Pahlawan Nasional

Redaksi Solopos  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di era tahun 11893-1939, Ingkang Sinuhun PB X dinilai lebih dari bergelar Pahlawan Nasional. Sebab, putra mahkota raja PB IX ‘Banguntopo’ tersebut adalah pencetak puluhan pahlawan Nasional di Nusantara ini.

“Dia lebih hebat dari sekedar pejuang fisik. Dia orang hebat yang melahirkan pejuang-pejuang Nasional pengusir penjajah,” kata Radjiman, sejarah UNS dalam seminar bertajuk Menggali Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kebangsaan dan Keteladanan Sri Susuhunan Paku Buwono X di Bale Tawangarum Kompleks Balaikota, Sabtu (17/7).

Advertisement

“Beliau mendapatkan berderet-deret bintang penghargaan dari penjuru negara di dunia. Dia yang mempelopori dan membiayai semua gerakan Nasional, membangun infrastuktur untuk kemakmuran rakyatnya, dan masih berderet lagi jasa-jasa besarnya,” katanya.

Anggota Dewan Kota Solo, RM Kusraharjo mengatakan, para pahlawan besar di Nusantara ini nyaris semuanya tak lepas dari keterlibatan dan peran PB X. Selaku seorang raja, kata Kusraharjo, pengaruh dan kekuasaan PB X bukan saja di Nusantara, melainkan sampai ke se-Asia Tenggara. “Tanpa adanya PB X, gerakan Nasional akan sulit menemukan momentumnya dalam mengusir penjajah,” paparnya.

asa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif