Sabtu, 17 Juli 2010 21:58 WIB Solo Share :

PB X lebih dari Pahlawan Nasional

Solo (Espos)–Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di era tahun 11893-1939, Ingkang Sinuhun PB X dinilai lebih dari bergelar Pahlawan Nasional. Sebab, putra mahkota raja PB IX ‘Banguntopo’ tersebut adalah pencetak puluhan pahlawan Nasional di Nusantara ini.

“Dia lebih hebat dari sekedar pejuang fisik. Dia orang hebat yang melahirkan pejuang-pejuang Nasional pengusir penjajah,” kata Radjiman, sejarah UNS dalam seminar bertajuk Menggali Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kebangsaan dan Keteladanan Sri Susuhunan Paku Buwono X di Bale Tawangarum Kompleks Balaikota, Sabtu (17/7).

“Beliau mendapatkan berderet-deret bintang penghargaan dari penjuru negara di dunia. Dia yang mempelopori dan membiayai semua gerakan Nasional, membangun infrastuktur untuk kemakmuran rakyatnya, dan masih berderet lagi jasa-jasa besarnya,” katanya.

Anggota Dewan Kota Solo, RM Kusraharjo mengatakan, para pahlawan besar di Nusantara ini nyaris semuanya tak lepas dari keterlibatan dan peran PB X. Selaku seorang raja, kata Kusraharjo, pengaruh dan kekuasaan PB X bukan saja di Nusantara, melainkan sampai ke se-Asia Tenggara. “Tanpa adanya PB X, gerakan Nasional akan sulit menemukan momentumnya dalam mengusir penjajah,” paparnya.

asa

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….