Sabtu, 17 Juli 2010 14:43 WIB Sport Share :

Jakarta siap gelar pembukaan Sea Games XXVI

Jakarta–Pengurus Provinsi (Pengprov) DKI Jakarta menyatakan, siap menjadi tuan rumah dan sekaligus menggelar pembukaan SEA Games XXVI, bila mendapat persetujuan dari Mennegpora dan KONI Pusat.

“Jakarta sudah teruji menggelar event setingkat SEA Games dan Asian Games berikut ajang pembukaannya, karena memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional,” ujar Ketua Harian KONI  Edi Widodo, Sabtu (17/7).

Ia mengatakan, walau Jakarta sebagai Ibu Kota siap menggelar ajang pembukaan SEA Games XXVI, namun semua keputusan ada di tangan Mennegpora dan KONI Pusat.

Menurut Edi, Jakarta kebagian 17 cabang olahraga dari 35 cabang yang dipertandingkan di SEA Games XXVI. Selebihnya digelar di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumsel. Dari 17 cabang yang digelar di Jakarta hanya nomor track dari cabang balap sepeda venue-nya harus direnovasi total.

Melalui renovasi nanti, diharapkan lokasi balap sepeda nomor track yang ada di Rawamangun, Jakarta, sudah memenuhi kreteria internasional. Sementara lapangan track yang berstandar internasional dan baru dibangun lokasinya cukup jauh yaitu di Tenggarong, Kaltim.

Atas pertimbangan itu ajang balap sepeda diserahkan ke DKI Jakarta dan lokasi ajang SEA Games tetap digelar di empat provinsi. Menurutnya, penyelenggaraan SEA Games tahun 2011 sangat penting sekali dalam mengembalikan kejayaan olahraga di Tanah Air. Upaya memenuhi semua itu diperlukan persiapan dari jauh hari, baik menyangkut prestasi atlet maupun tempat pertandingan.

Edi mengatakan, atas pertimbangan itulah KONI Pengprov DKI Jakarta memberi kesempatan pada atletnya berlatih di luar negeri. “Mampu meraih rekor SEA Games sama saja dengan meraih medali emas di PON. Jenjang prestasi yang berbalik arah dari tingkat internasional ke nasional menjadikan atlet DKI sebagai penyumbang medali emas terbanyak di SEA Games,” tambahnya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…