Sabtu, 17 Juli 2010 16:10 WIB News Share :

22.000 warga Lumajang menganggur

Lumajang–Sebanyak 22.000 warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tidak bekerja atau menganggur, kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lumajang, Ismail, Sabtu (17/7).

Ia mengatakan, latar belakang warga Lumajang yang menganggur juga bervariasi, mulai dari lulusan sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.  “Warga yang menganggur terbanyak adalah lulusan sekolah menengah atas (SMA) yang mencapai 12.000 orang,” kata Ismail.

Ia menjelaskan, Disnakertrans melakukan berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Lumajang, di antaranya dengan menggelar “Job Market Fair”, setiap tahun sekali.
Tahun 2010, Disnakertrans Lumajang menggelar “Job Market Fair” bekerja sama dengan 34 perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar yang tersebar di Jawa Timur dan luar Pulau Jawa.

“Bursa lowongan kerja bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Lumajang, sehingga diharapkan pencari kerja dapat menemukan lowongan kerja yang cocok di acara itu,” katanya.

Berdasarkan pengalaman pelaksanaan “Job Market Fair” tahun 2009, yang diikuti oleh 19 perusahaan, jumlah tenaga kerja asal Kabupaten Lumajang yang berhasil terserap sebanyak 296 orang.

“Mudah-mudahan tahun ini angka pengangguran yang terserap dalam ‘Job Market Fair’ lebih banyak lagi karena jumlah lowongan kerja yang disediakan sebanyak 3.800 jenis pekerjaan,” ujarnya.

Disnakertrans Lumajang, katanya, berencana untuk menggelar “Job Market Fair” sebanyak dua kali, setiap tahun dan kegiatan seperti bursa tenaga kerja sebanyal lima kali dalam setahun.

Hasil pemantauan di lapangan, banyak perusahaan yang tertarik untuk merekrut pegawai dari lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) daripada sekolah menengah atas (SMA), karena dinilai banyak memiliki bekal yang cukup dan telah siap masuk ke dunia kerja.

“Saya juga berharap warga Lumajang tidak hanya mencari kerja, namun bisa menciptakan lapangan kerja, sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT BACH MULTI GLOBAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…