Jumat, 16 Juli 2010 19:44 WIB News Share :

Undip tambah guru besar ke 119

Semarang (Espos)–Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menambah guru besar, kali ini Prof Dr R Benny Riyanto SH M Hum CN dikukuhkan sebagai guru besar Fakultas Hukum.

“Prof Benny merupakan guru besar ke-119 Undip,” kata Sekretaris Senat Undip Prof Sunarso kepada wartawan di Semarang, Kamis (15/7).

Dalam kesempatan yang sama, Prof Benny menyatakan dalam pidato pengukuhan guru besarnya Sabtu (17/7), mengambil tema “Rekonstruksi Model Penyelesaian Sengketa Perdata Melalui Mediasi yang Diintegrasikan pada Pengadilan”.

“Karena dari hasil penilitian saya di Pengadilan Negeri (PN) Semarang ternyata tingkat efektifitas keberhasilan penyelesaian perkara melalui mediasi sangat rendah,” ujar dia.

Untuk itu menurut dia, perlu dilakukan perubahan pola mediasi dari semula dilakukan setelah adanya pengumuman persidangan di PN, diganti menjadi sebelum pengumuman sidang.

“Selain itu juga proses mediasi tak lagi melibatkan hakim PN, tapi murni mediator pihak ketiga,” tandas Beni.

Pasalnya melalui integrasi mediasi dalam kasus peradilan kasus perdata merupakan cara paling sederhana, cepat, dan murah dibandingkan melalui proses persidangan yang memakam waktu lama.

oto

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…