Soloraya
Jumat, 16 Juli 2010 - 15:11 WIB

Penyaluran Raskin tak mampu tekan kenaikan harga beras

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Sragen (Espos)–
Penyaluran Raskin secara dini tidak mampu menekan kenaikan harga beras di pasaran yang mencapai Rp 7.000/kg. Kendati demikian penyaluran 970.178 kg jatah beras untuk rakyat miskin (Raskin) bulan Agustus tetap dipercepat mulai 2 Agustus mendatang.

Padahal jatah Raskin itu biasanya disalurkan pekan ketiga pada setiap bulannya. Langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tersebut untuk menekan harga beras di pasaran yang meroket belakangan.

Advertisement

Kabag Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Sragen, Handanu Sadono saat ditemui wartawan, Jumat (16/7), mengungkapkan, realisasi Raskin pada setiap bulannya sejak Januari lalu sama, yakni sebanyak 970.178 kg untuk 64.678 rumah tangga sasaran (RTS). Menurut dia, realisasi Raskin Juni ini baru usai pekan ini, sehingga untuk realisasi Raskin Agustus tidak bisa dilakukan bulan ini.

“Kami mengupayakan realisasi Raskin Agustus bakal dilakukan awal bulan, agar masyarakat bisa segera menikmati beras murah, terutama di daerah perkotaan. Analisa saya, warga yang merasakan dampak kenaikan harga beras berada di daerah perkotaan. Sedangkan di daerah pedesaan relatif tidak ada gejolak, karena habis panen. Walau pun hasil panennya tidak maksimal, namun tidak sampai kekurangan beras,” ujarnya.

trh

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif