Jumat, 16 Juli 2010 12:49 WIB Internasional Share :

Kapal abad 18 ditemukan di bawah reruntuhan WTC


New York–Pekerja di situs World Trade Center (WTC) AS menemukan lambung kapal 9,6 meter yang diperkirakan dari abad 18 yang berlayar dari Manhattan menuju sungai Hudson.

Artefak itu dapat diambil pada hari Kamis, ujar ahli arkeologi Molly McDonald. Spesialis kapal telah datang ke situs tersebut untuk mengamati bagian kapal itu.

McDonald mengatakan bahwa dirinya ingin setidaknya dapat menyelamatkan beberapa kayu, karena tampak tidak jelas apakah kapal ini dapat diangkat secara utuh.

“Kami kebanyakan melakukan pembersihan secara manual karena (kayu) agak rapuh,” ujar McDonald, seperti dikutip dari Huffington Post. Namun, peralatan konstruksi dapat digunakan dalam proses lanjutan, tambahnya lagi.

McDonald dan arkeolog A Michael Pappalardo telah berada di lokasi kejadian serangan 11 September 2001 ini sejak Selasa pagi. “Kami menyadari adanya kayu yang melengkung di mana terdapat lubang yang membesar,” ujar McDonald.

“Kami dengan cepat menemukan sisi rusuk kapal kemudian membongkar bagian lambung selama dua hari terakhir ini,” katanya lagi.

Kedua arkeolog ini menyatakan bahwa butuh beberapa penelitian tambahan untuk mengetahui umur kapal secara spesifik. “Kami akan mengirim sampel kayu ke laboratorium untuk melakukan dendrochronology agar dapat diketahui secara jelas kapan kapal ini dibangun,” kata McDonald.

Dendrochronology adalah ilmu yang menggunakan jumlah lingkaran pada kayu untuk menentukan waktu dan urutan kronologis.

Sebuah jangkar ditemukan beberapa meter dari lambung kapal meskipun belum jelas apakah benda ini merupakan bagian dari kapal yang baru ditemukan. Para arkeolog berlomba untuk merekam dan menganalisa kapal yang mulai tampak hancur akibat udara. “Saya terus berpikir bagaimana ini (kapal) hadir kemudian hancur,” kata Pappalardo.

inilah/isw

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…