Sport
Jumat, 16 Juli 2010 - 13:49 WIB

Argentina perpanjang kontrak Maradona

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BUENOS AIRES–Tawaran perpanjangan kontrak empat tahun terhadap Diego Armando Maradona untuk meneruskan pekerjaannya menangani Tim Tango dikabarkan telah dilayangkan Argentine Football Association (AFA) atau Asosiasi Sepak Bola Argentina, Rabu (14/7) waktu setempat.

Namun keputusan final mengenai masa depan Maradona baru ditentukan pekan depan.
Presiden AFA, Julio Grondona dijadwalkan bertemu dengan Maradona pada pekan depan untuk membicarakan kontrak baru sang pelatih. AFA berharap bisa membujuk El Diez, julukan Maradona, melanjutkan tugasnya memimpin skuat Albiceleste menuju Piala Dunia Brazil 2014.

Advertisement

Sebelumnya, spekulasi mengenai kepergian Maradona santer beredar setelah Argentina dipermalukan Jerman 0-4 dalam duel perempat final Piala Dunia. Bahkan Maradona mengisyaratkan inilah waktu tepat baginya mundur dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional.
Namun sambutan hangat ketika dia pulang ke negaranya kemungkinan besar akan membuat pelatih berbadan tambun ini berpikir dua kali meninggalkan Albiceleste, julukan Timnas Argentina.

Berbeda dengan sambutan yang diterima pelatih Brazil dan Inggris setelah terdepak dari Afrika Selatan, Maradona justru mendapatkan sambutan bak pahlawan ketika pulang ke negaranya, meski Tim Tango menelan kekalahan besar di Jerman. Lebih dari 20.000 suporter menyambut kedatangannya di Bandara Buenos Aires. Bahkan seorang anggota parlemen mengusulkan pembuatan sebuah patung untuk menghargai Maradona.

Tanpa syarat

Advertisement

Presiden Cristina Fernandez bahkan menyatakan dukungannya agar pelatih berusia 49 tahun tersebut untuk tetap tinggal menangani Tim Tango. “Tetaplah di sana Maradona. Tak ada warga Argentina yang membuat kita semua sangat bahagia di lapangan sepak bola seperti Diego Maradona,” ujar Fernandez dalam pidatonya di hadapan ribuan suporter pada pekan lalu dilansir dari yahoosports.com, kemarin.

Juru bicara AFA, Ernesto Cherquis Bialo yang membantu menulis otobiografi Maradona, mengatakan keputusan sekarang berada di tangan Maradona. “Jika Maradona ingin, maka dia akan melanjutkan (pekerjaan sebagai pelatih tim nasional),” ujar Cherquis Bialo.

“Masyarakat tanpa syarat mendukung Maradona. Para pelatih lainnya yang melakukan kesalahan sama seperti dia (kalah di perempat final Piala Dunia), telah mengundurkan diri,” cetusnya.

Advertisement

Pada lusa malam waktu setempat, Cherquis Bialo mengatakan bahwa Maradona akan secara formal mendapatkan tawaran tetap bertahan menangani skuat Albiceleste hingga 2014. Sementara Grondona diperkirakan akan bertemu dengan Maradona untuk mendiskusikan tawaran tersebut pada Rabu pekan depan.

JIBI/SOLOPOS/anh

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif