Jumat, 16 Juli 2010 17:38 WIB News Share :

30 Pemuda Gaza akan dikirim belajar ke Indonesia

Medan– Sebanyak 30 pemuda dari Gaza, Palestina, akan mendapat beasiswa untuk belajar tentang di Indonesia. Fokus pendidikan para penerima beasiswa tersebut diutamakan yang bersinggungan langsung dengan aspek pembangunan dan pengembangan ekonomi Gaza di masa mendatang.

Program beasiswa ini digagas Dompet Dhuafa (DD). Direktur Program DD Moh. Arifin Purwakananta menyatakan, rencananya program tahunan ini akan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Antara lain Universitas Indonesia dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

“Penjajakan dengan kedua universitas itu sedang dilakukan, arahnya cukup positif. Kita berharap segera dapat merealisasikan kerjasama tersebut. Sementara tim DD yang saat ini berada di Gaza juga sedang menjalankan agenda yang sama, termasuk membentuk tim seleksi calon penerima beasiswa,” kata Purwakananta di Medan, Jumat (16/7).

Disebutkan Purwakananta, pemberian beasiswa kepada pemuda Gaza ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung kemandirian ekonomi di Gaza masa mendatang. Ada banyak tahapan program yang akan dilaksanakan di sana, setelah pemberian bantuan pokok, berikutnya mendirikan pasar, pemberian mikro kredit, dan seterusnya menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal.

“Jadi para pemuda itu memang disiapkan untuk menjadi sarjana yang memahami masalah ekonomi. Fakultas yang dimasuki tak harus ekonomi, tetapi yang terkait dengan upaya peningkatan perekonomian di Gaza masa mendatang,” kata Purwakananta.

Para penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan bantuan lengkap biaya perkuliahan dan biaya hidup. Diperkirakan hingga selesai mengikuti perkuliahan, masing-masing penerima beasiswa akan menghabiskan Rp 100 juta. Pada tahun 2011 diharapkan 30 penerima beasiswa kelompok pertama dari Gaza akan mulai belajar di Indonesia.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Dalang Remaja Woro Siap Pentaskan Wayang Tiga Generasi

Penyanyi dan dalang remaja, Woro Mustiko Siwi, baru saja mendapat penghargaan dari Kemendikbud. Solopos.com, SOLO–Dalang muda Woro Mustiko Siwi, 15, mendapat kehormatan untuk turut terlibat dalam pentas wayang tiga generasi saat Hari Sumpah Pemuda, di Jakarta 28 Oktober mendatang. Ia…