Sport
Kamis, 15 Juli 2010 - 11:41 WIB

Timnas Jerman diguncang isu gay

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Munich–Setelah pulang dengan hanya finis di posisi tiga, dan tak merayakan pesta meriah, kini tim Jerman diterpa sebuah isu. Isu tersebut berkaitan mengenai orientasi seksual para pemainnya.

Adalah Michael Becker, agen dari pungggawa Der Panzer, Michael Ballack, yang memulai pemberitaan ini dalam wawancara kepada wartawan majalah Der Spiegel, Aleksander Osang. Becker berkomentar bahwa ada beberapa pemain timnas Jerman yang menyukai sesama jenis.

Advertisement

Dalam tulisan Osang disebutkan bahwa Becker menyebutkan nama-nama pemain di tim yang disinyalir adalah seorang gay, beberapanya adalah pemain baru. Bahkan Becker menyangkutpautkan dengan sang pelatih, Joachim Loew, yang terkenal dengan gayanya yang modis dan elegan.

Becker sendiri sebenarnya berharap bisa membuat media gempar dan berbondong-bondong memberitakannya. “Ternyata, mereka hanya mengangguk dengan tenang,” kata Osang seperti dilansir The Guardian, Kamis (15/7). Rupanya isu tudingan seperti ini dirasa sudah biasa bagi pers di Jerman.

“Mereka hanya mengangguk santai. Semua wartawan olahraga tampaknya sudah tahu soal tudingan homoseksual di tubuh tim Joachim Loew. Rumor itu menemani tim kami ke Afrika Selatan,” ujar Osang.

Advertisement

Namun, pernyataan Becker memunculkan kembali wacana homoseksualitas yang masih dianggap tabu di dunia sepakbola.

Satu-satunya pesepakbola Jerman yang mengaku terang-terangan merupakan seorang gay sejauh ini hanya Marcus Urban, mantan pemain di klub divisi dua Jerman, Rot-Weiss Erfurt dan itu pun setelah dirinya pensiun. Para ahli sendiri memperkirakan 10 persen dari pemain Bundesliga adalah penyuka sesama jenis.

Sejauh ini Becker belum mengomentari atas berita tersebut. Namun, ia menyebut ada semacam ‘kesalahpahaman’ dan awalnya wawancara yang dilakukan tidaklah untuk dipublikasikan. Namun, Osang tetap pada pendirian bahwa Becker tidak berkeberatan ketika ia mulai menulis tentang berita tersebut.

Advertisement

dtc/rif

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif